Perbandingan model pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) dan mind mapping dengan berbantuan handout terhadap hasil belajar pemrograman dasar pada siswa Kelas X TKJ di SMK Negeri 8 Malang / Ratih Mega Pangestu

Pangestu, Ratih Mega (2019) Perbandingan model pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) dan mind mapping dengan berbantuan handout terhadap hasil belajar pemrograman dasar pada siswa Kelas X TKJ di SMK Negeri 8 Malang / Ratih Mega Pangestu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pangestu, R.M. 2018. Perbandingan Model Pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking (DD/CT) dan Mind Mapping Dengan Berbantuan Handout Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Dasar Pada Siswa Kelas TKJ Di SMK Negeri 8 Malang . Skripsi. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd., (II) Dila Umnia Soraya, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: hasil belajar, model pembelajaran DDCT, model pembelajaran Mind Mapping, Pemrograman Dasar. . Hasil observasi pada proses pembelajaran pemrograman dasar kelas X TKJ di SMKN 8 Malang, ditemukan sebanyak 68% hasil belajar siswa belum mencapai KKM dan siswa kurang aktif selama proses pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan penelitian untuk mendapatkan model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan hasil belajar. Model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model DDCT dan model Mind Mapping. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan hasil belajar ranah kognitif karena penerapan model DDCT; (2) Mendeskripsikan hasil belajar ranah kognitif karena penerapan model Mind Mapping; (3) Mendeskripsikan hasil belajar ranah afektif karena penerapan model DDCT dan Mind Mapping; (4) mengetahui perbedaan rerata hasil belajar ranah kognitif pemrograman dasar karena penerapan model DDCT dibandingkan dengan model Mind Mapping; (5) dan mengetahui perbedaan rerata hasil belajar ranah afektif pemrograman dasar karena penerapan model DDCT dibandingkan dengan model Mind Mapping. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi exsperimental design (eksperimen semu) dengan tipe Non-Randomized Pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKJ C sebagai kelompok A dan X TKJ D sebagai kelompok B. Sampel yang digunakan berjumlah 71 siswa, masing-masing kelas terdiri dari 36 dan 25 siswa. Instrumen pengukuran berupa tes kognitif dan lembar observasi afektif. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan Independent-Sample T Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) adanya peningkatan hasil belajar ranah kognitif karena penerapan model pembelajaran DDCT yaitu, memiliki nilai rata-rata dari kategori sangat rendah menjadi kategori sedang; (2) adanya peningkatan hasil belajar ranah kognitif karena penerapan model pembelajaran Mind Mapping yaitu, memiliki nilai rata-rata dari kategori sangat rendah menjadi kategori sangat tinggi; (3) adanya peningkatan hasil belajar ranah afektif karena penerapan model pembelajaran DDCT dan Mind Mapping; (4) terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata hasil belajar ranah kognitif pada kelompok model DDCT dibandingkan model Mind Mapping; dan (5) terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata hasil belajar ranah afektif pada kelompok model DDCT dibandingkan model Mind Mapping. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan rerata hasil belajar ranah kognitif dan ranah afektif pemrograman dasar karena penerapan model pembelajaran DDCT dibandingkan dengan model pembelajaran Mind Mapping. Berdasarkan hasil perbedaan rerata tersebut, model pembelajaran yang lebih unggul pada ranah kognitif dan ranah psikomotor yaitu model pembelajaran Mind Mapping.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46565

Actions (login required)

View Item View Item