Perbedaan hasil belajar pemrograman web karena pengaruh penerapan model drill and pratice berbantuan e-modul dibanding model discovery learning pada siswa kelas XI Jurusan RPL di SMK Negeri 2 Singosari / Trio Kurnia Sandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar pemrograman web karena pengaruh penerapan model drill and pratice berbantuan e-modul dibanding model discovery learning pada siswa kelas XI Jurusan RPL di SMK Negeri 2 Singosari / Trio Kurnia Sandi

Sandi, Trio Kurnia (2019) Perbedaan hasil belajar pemrograman web karena pengaruh penerapan model drill and pratice berbantuan e-modul dibanding model discovery learning pada siswa kelas XI Jurusan RPL di SMK Negeri 2 Singosari / Trio Kurnia Sandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

I ABSTRAK Kurnia Trio.2018. Perbedaan Hasil Belajar Pemrograman Web karena Pengaruh Model Drill and Practice berbantuan e-modul dibanding Model Discovery Learning pada Siswa Kelas XI Jurusan RPL di SMK Negeri 2 Singosari. Skripsi. S1 Pendidikan Teknik Informatika. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. (2) I Made Wirawan S.T. S.S.T. M.T. Kata kunci Hasil Belajar e-modul Drill and Practice Discovery Learning Pemrograman Web.. Berdasarkan hasil wawancara guru mata pelajaran Pemrograman Web di SMK Negeri 2 Singosari hasil belajar siswa rendah. Terdapat beberapa komponen dalam hasil belajar yaitu Pengetahuan dan Keterampilan. Hasil belajar yang rendah disebabkan karena pengetahuan dan keterampilan siswa masih kurang. Siswa masih kesulitan dalam menyelesaikan masalah dalam proses pembelajaran dengan model pembelajaran Discovery Learning yang telah di terapkan di sekolah. Untuk mewujudkan hasil belajar yang berkualitas perlu meningkatkan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran tersebut agar komponen pengetahuan dan keterampilan bisa maksimal. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan signifikasi suatu model pembelajaran yaitu Drill and Practice berbantuan e-modul dan Discovery Learning yang dilaksanakan pada siswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang kurang memuaskan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara model Drill and Practice berbantuan e-modul dan model pembelajaran Discovery Learning mempunyai perbedaan terhadap hasil belajar. Hasil penelitian tersebut ditandai dengan perbedaan hasil belajar pemrograman web siswa yang menggunakan model pembelajaran Drill and Practice berbantuan e-modul dan model pembelajaran Discovery Learning dimana nilai hasil belajar Thitung(5 409) (2 352)Ttabel dengan nilai signifikansi (0 000) 945 0 05 dan Nilai rata-rata hasil belajar pemrograman web siswa kelas eksperimen sebesar 79 475 sedangkan kelas kontrol sebesar 70 375. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran Drill and Practice berbantuan e-modul dan model pembelajaran Discovery Learning pada kompetensi dasar memahami konsep teknologi aplikasi web.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46564

Actions (login required)

View Item View Item