Pengembangan bahan ajar sistem komputer berbasis game edukasi bermuatan mind mapping untuk siswa semester 1 kompetensi keahlian TKJ di SMK / Vivin Lisa Indriyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar sistem komputer berbasis game edukasi bermuatan mind mapping untuk siswa semester 1 kompetensi keahlian TKJ di SMK / Vivin Lisa Indriyanti

Indriyanti, Vivin Lisa (2019) Pengembangan bahan ajar sistem komputer berbasis game edukasi bermuatan mind mapping untuk siswa semester 1 kompetensi keahlian TKJ di SMK / Vivin Lisa Indriyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indriyanti Vivin Lisa. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Sistem Komputer Berbasis Game Edukasi Bermuatan Mind Mapping untuk Siswa Semester I Kompetensi Keahlian TKJ di SMK. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. H. Hakkun Elmunsyah S.T. M.T. (2) Triyanna Widiyaningtyas S.T. M.T. Kata Kunci bahan ajar sistem komputer game edukasi mind mapping Sistem komputer merupakan salah satu mata pelajaran kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) yang ditempuh di kelas X pada kelompok dasar program keahlian (C2) berdasarkan kurikulum 2013 revisi 2017. Pada implementasinya sistem komputer perlu dikuasai oleh siswa kelas X TKJ agar siswa dapat terbiasa menggunakan kemampuan logika dalam rangkaian elektronika pada motherboard ataupun komponen lainnya. Hasil wawancara dan observasi di beberapa SMK yaitu siswa kesulitan pada mata pelajaran sistem komputer dan bahan ajar yang digunakan membosankan. Tujuan dari penelitian ini adalah merencanakan mengembangkan dan menguji kelayakan bahan ajar sistem komputer berbasis game edukasi bermuatan mind mapping. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Sadiman. Prosedur langkah-langkah pengembangan tersebut yaitu (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan (3) perumusan butir-butir materi (4) perumusan alat pengukur keberhasilan (5) penulisan naskah media (6) tes/ uji coba (7) revisi dan (8) naskah siap produksi. Prosedur tes/uji coba yang dilakukan adalah (1) uji coba satu lawan satu (2) uji coba kelompok kecil dan (3) uji coba lapangan. Bahan ajar yang dihasilkan aplikasi mobile bernama Keluarga Siskom. Validasi media mendapat persentase rata-rata sebesar 95 83% dan validasi materi mendapat persentase rata-rata sebesar 97 78%. Hasil uji satu lawan satu terhadap 2 siswa mendapat persentase rata-rata sebesar 92 82%. Uji kelompok kecil melibatkan 10 siswa yang mendapat persentase rata-rata sebesar 89 24%. Sedangkan untuk uji lapangan melibatkan 30 siswa yang mendapat persentase rata-rata sebesar 95 21%. Berdasarkan hasil tersebut aplikasi Keluarga Siskom memiliki kategori sangat valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46559

Actions (login required)

View Item View Item