Pengembangan media pembelajaran digital interaktif mata kuliah komunikasi data dan jaringan komputer dengan model project based learning untuk menumbuhkan kecakapan creative and critical thinking mahasiswa S1 PTI / Muhammad Ilham Effendi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran digital interaktif mata kuliah komunikasi data dan jaringan komputer dengan model project based learning untuk menumbuhkan kecakapan creative and critical thinking mahasiswa S1 PTI / Muhammad Ilham Effendi

Effendi, Muhammad Ilham (2019) Pengembangan media pembelajaran digital interaktif mata kuliah komunikasi data dan jaringan komputer dengan model project based learning untuk menumbuhkan kecakapan creative and critical thinking mahasiswa S1 PTI / Muhammad Ilham Effendi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii ABSTRAK Effendi Muhammad Ilham. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Digital Interaktif Mata Kuliah Komunikasi Data dan Jaringan Komputer dengan Model Project Based Learning untuk Menumbuhkan Kecakapan Creative and Critical Thinking Mahasiswa S1 PTI. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muladi S.T. M.T. (II) Dr. Eng. Muhammad Ashar S.T. M.T. Kata Kunci Media pembelajaran komunikasi data dan jaringan komputer berpikir kreatif berpikir kritis Komunikasi Data dan Jaringan Komputer merupakan salah satu mata kuliah wajib Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang. Mahasiswa diharapkan menguasai 14 kompetensi teori dan 10 kompetensi praktikum berdasarkan Katalog Mata Kuliah Komunikasi Data dan Jaringan Komputer edisi 2014. Banyaknya kompetensi yang harus dikuasai membutuhkan waktu yang lebih untuk berdiskusi melatih kemampuan berpikir kreatif dan kritis. Pembelajaran terbatas pada tatap muka di kelas selama 4 jam pelajaran. Oleh karena itu perlu dikembangkan media pembelajaran digital untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan melatih kemampuan berpikir kreatif dan kritis. Model pengembangan media pembelajaran ini mengadaptasi model pengembangan Sadiman yang terdiri dari tahapan berikut ini (1) Identifikasi kebutuhan (2) Perumusan tujuan (3) Perumusan butir-butir materi (4) Perumusan alat pengukur keberhasilan (5) Penulisan naskah media (6) Tes/Uji coba (7) Revisi (8) Naskah siap produksi. Pengambilan data dilakukan menggunakan angket tehadap subjek uji coba diperoleh tingkat kelayakan sebagai berikut ahli materi 86 67% ahli media 92 11% uji coba satu lawan satu 82 29% kelompok kecil 84 46% Mahasiswa PTI 2016 90 07% dan Mahasiswa PTI 2017 84 58%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran telah memenuhi kriteria dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46558

Actions (login required)

View Item View Item