Pengembangan e-modul mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital bermuatan contextual teaching and learning untuk siswa kelas X Kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK / Tegar Restu Kusuma

Kusuma, Tegar Restu (2018) Pengembangan e-modul mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital bermuatan contextual teaching and learning untuk siswa kelas X Kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK / Tegar Restu Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusuma, Tegar Restu. 2018. Pengembangan E-Modul Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Bermuatan Contextual Teaching and Learning untuk Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T., Pembimbing (II) Dila Umnia Soraya, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : E-Modul, Simulasi dan Komunikasi Digital, Contextual Teaching and Learning. Berdasarkan hasil observasi di beberapa SMK di Malang Raya terdapat permasalahan yaitu lebih dari 50% siswa pada setiap kelas mendapat nilai di bawah KKM pada UAS mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital hal tersebut timbul karena belum adanya buku paket yang disediakan oleh pemerintah pada mata pelajaran tersebut dan bahan ajar yang tersedia kurang menarik minat siswa untuk mempelajarinya. Tujuan pengembangan, adalah: (1) mengembangkan e-modul mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital bermuatan Contextual Teaching and Learning untuk siswa kelas X kompetensi keahlian teknik komputer dan jaringan di SMK, (2) mengetahui tingkat kelayakan e-modul yang dikembangkan. Model pengembangan menggunakan model ADDIE dengan tahapan yaitu (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Validasi dan uji coba e-modul dilakukan dengan 3 tahap yaitu, (1) validasi ahli materi dan ahli media, (2) uji coba kelompok kecil, dan (3) uji coba kelompok besar (lapangan). Hasil validasi ahli media didapatkan persentase sebesar 93,1% (sangat valid). Validator materi yaitu guru mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital di SMKN 3 Malang memberikan hasil persentase validitas sebesar 90,9% (sangat valid). Uji coba kelayakan pada siswa SMK Negeri 3 Malang yang sedang menempuh mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital. Uji coba kelompok kecil (10 orang) dengan persentase validitas sebesar 89,6% (sangat layak). Uji coba kelompok besar (32 orang) dengan persentase validitas sebesar 88,6% (sangat layak). Berdasarkan hasil uji dari para ahli dan subjek coba, e-modul dikategorikan sangat valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46554

Actions (login required)

View Item View Item