Pengembangan media game edukasi untuk materi rancang bangun karingan di SMK Negeri 6 Malang / Nurhariyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media game edukasi untuk materi rancang bangun karingan di SMK Negeri 6 Malang / Nurhariyanto

Nurhariyanto (2018) Pengembangan media game edukasi untuk materi rancang bangun karingan di SMK Negeri 6 Malang / Nurhariyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii ABSTRAK Hariyanto Nur. 2018. Pengembangan Media Game Edukasi untuk Materi Rancang Bangun Jaringan di SMK Negeri 6 Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Eng. Muhammad Ashar S.T. M.T. (2) Utomo Pujianto. S.Kom. M.Kom. Keywords Game Edukasi Rancang Bangun Jaringan ADDIE Industri game telah menjadi salah satu industri yang banyak diminati oleh berbagai kalangan tak terkecuali siswa SMK. Rancang Bangun Jaringan adalah salah satu materi dalam mata pelajaran (mapel) produktif pada paket keahlian TKJ di SMK. Dapat diketahui bahwa mapel produktif ini sangat berguna bagi siswa saat memasuki dunia kerja. Namun masih banyak siswa yang belum memahami kondisi perancangan jaringan dan analisis biaya di dunia nyata. Media pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran rancang bangun jaringan umumnya berupa modul dan jobsheet konvensional yang masih belum mengakomodasi kemampuan siswa untuk menganalisis perencanaan biaya jaringan. Para siswa juga kerap kali kurang bersemangat saat menggunakan media tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sebuah game edukasi berbasis Android bertemakan simulasi pemasangan jaringan sebagai suplemen pembelajaran bagi siswa TKJ. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah Membantu siswa belajar tentang perancangan dan analisis biaya dalam membangun jaringan internet melalui kegiatan yang mereka senangi salah satunya game sebagai alternatif lain yang interaktif dan menyenangkan. Metodologi penelitian yang digunakan pada penelitian ini mengadopsi Model Analisis Desain Development Implementasi dan Evaluasi (ADDIE) dimana ada beberapa tahapan yang dilakukan pada penelitian ini. Hasil pengembangan game edukasi ini diujikan kepada siswa Teknik Komputer Jaringan atau siswa yang sedang menempuh mata pelajaran rancang bangun jaringan. Berdasarkan validasi yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi diperoleh hasil persentase sebesar 89 2% untuk ahli media dan 93 0% untuk ahli materi. Berdasarkan ujicoba yang dilakukan pada pengguna diperoleh hasil persentase sebesar 85 2% untuk uji coba kelompok kecil dan 88 1% untuk uji coba kelompok besar. Hasil uji komparasi game edukasi dengan packet tracer juga menunjukkan data nilai yang lebih tinggi pada produk pengembangan ini. Nilai-nilai yang diperoleh tercantum dalam tabel validator dan tabel uji coba pada bab hasil dan analisis. Berdasarkan kriteria validitas yang diadaptasi dari Akbar (2013) dan hasil komparasi maka dapat dinyatakan bahwa Game Edukasi Rancang Bangun Jaringan sangat valid dan layak untuk digunakan. viii ABSTRACT Hariyanto Nur. 2018. Development of Educational Game for Network Design and Build Subject at State Vocational High School. Thesis. Department of Electrical Engineering Engineering Faculty Universitas Negeri Malang. Supervisors (1) Dr. Eng. Muhammad Ashar S.T. M.T. (2) Utomo Pujianto. S.Kom. M.Kom. Keywords Educational Game Networking Design and Build ADDIE model The game industry has become one of the industries that have great demand by various groups including vocational students. Network Design and Build is one of productive subjects in the Computer and Network Engineering expertise package in Vocational High Schools. As we can see that this productive subject is very useful for students when entering the workforce. But there are still many students who do not understand the conditions of network design and cost analysis in the real world. Learning media used in Network Design and Build subjects are generally in the form of conventional book and jobsheets which do not accommodate the ability of students to analyze and planning the network cost. The students also often lack enthusiasm when using the media. The purpose of this research was to design an Android-based educational game containing with network installation simulation as a learning supplement for Computer and Network Engineering students. The expected benefits of this research are Helping students to learn about network design and its cost analysis in building internet networks through activities that they enjoy as an interactive and fun alternative media. The research methodology used in this study adopted the Analysis Design Development Implementation and Evaluation Model (ADDIE) where there are several stages adopted in this research. The product of the development that is the Educational Game were tested on students of Computer and Network Engineering or students who were taking network design and build subjects. Based on the validation test by media experts and material experts the percentage results were 89.2% for media experts and 93.0% for material experts. Based on users trial test the percentage results were 85.2% for small group trials and 88.1% for large group trials. The results of the comparative test between Educational Games against Packet Tracer also show higher value data in developed product. The values obtained are listed in the validator table and the trial table in the results and analysis chapter. Based on the validity criteria adapted from Akbar (2013) and the results of the comparison it can be classified that the Network Design Education Game is very valid and feasible to use.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46552

Actions (login required)

View Item View Item