Hubungan antara hasil belajar kewirausahaan dan persepsi terhadap karir berwirausaha dengan partisipasi dalam program berwirausaha siswa kelas XI Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMKN di Malang / Nurila Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara hasil belajar kewirausahaan dan persepsi terhadap karir berwirausaha dengan partisipasi dalam program berwirausaha siswa kelas XI Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMKN di Malang / Nurila Wahyuni

Wahyuni, Nurila (2018) Hubungan antara hasil belajar kewirausahaan dan persepsi terhadap karir berwirausaha dengan partisipasi dalam program berwirausaha siswa kelas XI Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMKN di Malang / Nurila Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wahyuni Nurila. 2018. Hubungan antara Hasil Belajar Kewirausahaan dan Persepsi terhadap Karir Berwirausaha dengan Partisipasi dalam Program Berwirausaha Siswa Kelas XI Program Keahlian Rekayasa Peangkat Lunak (RPL) SMKN di Malang .Skripsi. Prodi Pendidikan Teknik Informatika. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Wahyu Sakti G.I. M.Kom. pembimbing (II) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. Kata kunci Hasil Belajar Persepsi terhadap karir berwirausaha Partisipasi dalam program wirausaha Pengangguran merupakan masalah serius yang sampai saat ini belum bisa ditangani oleh pemerintah. Penyebabnya adalah jumlah penduduk yang besar dan tidak disertai bertambahnya lapangan kerja. Data riset dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang diolah Sakernas pada tahun 2013-2014 menunjukkan pada Agustus 2014 mencapai 5 94 posisi pertama ditempati lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mencapai 11 24%. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat hasil belajar kewirausahaan (X1) persepsi terhadap karir berwirausaha (X2) partisipasi dalam program berwirausaha (Y) siswa kelas XI program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) di Kota Malang (2) mengugkap signifikasi hubungan variabel X1 dengan Y (3) mengungkap signifikasi hubungan variabel X2 dengan Y (4) serta mengugkap signifikasi hubungan variabel X1 dan X2 secara simultan terhadap Y dan besaran kontribusinya. Metode penelitian yang digunakan yaitu ex post facto rancangan penelitian kuantitatif korelasional yang dilakukan pada siswa kelas XI progam keahlian (RPL) di Kota Malang. Jumlah sampel 175 siswa menggunakan teknik purposive sampling alasanya dilihat dari lokasi sekolah (Geografis Rasional Logic) sehingga terpilih 3 SMK yaitu SMKN 5 SMKN 8 dan SMKN 12 di Kota Malang. Teknik pengumplan data XI X2 dan Y mengunakan dua alternatif soal study kasus untuk variabel X1 angket tertutup untuk variabel X2 dan Y. Semua analisi data degan bantuan software IBM SPSS v23. Hasil penelitian diketahui (1) hasil belajar kewirausahaan persepsi karir berwirausaha partisipasi dalam program wirausaha kategori tinggi (2) terdapat hubungan positif dan signifikansi antara X1 terhadap Y dengan nilai PSig yaitu 0 042 8804 0 05 (3) terdapat hubungan positif dan signifikansi X2 terhadap Y dengan nilai PSig yaitu 0 000 8804 0 05 (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara X1 dan X2 terhadap Y secara simultan dengan nilai R sebesar 0 617 nilai Fchange/Fhitung sebesar 53 036 dan Sig Fchange 0 000 8804 0 05 (5) sumbangan relatif X1 dan X2 sebesar 16 0% dan 84 0% (6) sumbangan efektif X1 dan X2 sebesar 6 096% dan 32 004%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) terdapat hubungan positif dan signifikansi antara hasil belajar kewirausahaan dan partisipasi dalam program berwirausaha siswa kelas XI RPL SMKN di Malang (2) terdapat hubungan positif dan signifikansi antara persepsi terhadap karir berwirausaha dengan partisipasi dalam program berwirausaha siswa kelas XI SMKN di Malang (3) terdapat hubungan positif dan signifikasi hubungan secara simultan antara hasil belajar kewirausahaan dan persepsi karir berwirausaha dengan partisipasi dalam program wirausaha siswa kelas XI SMKN di Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46548

Actions (login required)

View Item View Item