Hubungan social persuasion dan kebermaknaan workshop pengelolaan kelas dengan self confidence saat KPL di SMK mahasiswa S1 PTI 2014 Universitas Negeri Malang / Nur Fitri Kusumaning Diah Alfianti

Alfianti, Nur Fitri Kusumaning Diah (2018) Hubungan social persuasion dan kebermaknaan workshop pengelolaan kelas dengan self confidence saat KPL di SMK mahasiswa S1 PTI 2014 Universitas Negeri Malang / Nur Fitri Kusumaning Diah Alfianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Alfianti, Nur Fitri Kusumaning Diah. 2018. Hubungan Social Persuasion dan Kebermaknaan Workshop Pengelolaan Kelas dengan Self Confidence saat KPL di SMK Mahasiswa S1 PTI 2014 Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Setiadi C.P., M.Pd., M.T., (II) Dyah Lestari, S.T., M.Eng. Kata Kunci: Social Persuasion, Kebermaknaan Workshop Pengelolaan Kelas, Self Confidence. Universitas Negeri Malang sebagai salah satu LPTK di Indonesia memiliki kewajiban dalam menyiapkan lulusan calon guru yang profesional. Salah satu matakuliah yang dapat meningkatkan profesionalitas seorang calon guru adalah matakuliah Kajian Praktek Lapangan (KPL). Saat pelaksanaan KPL calon guru akan menghadapi kondisi kelas yang sesungguhnya. Self confidence perlu dimiliki seorang calon guru agar dapat melaksanakan semua kegiatan KPL dengan baik. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi self confidence saat KPL di SMK antara lain: (1) tingkat kemampuan social persuasion dan (2) tingkat kebermaknaan Workshop Pengelolaan Kelas berhubungan dengan cara mengelola kelas yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi social persuasion (X1), kebermaknaan Workshop Pengelolaan Kelas (WPK), dan self confidence saat KPL di SMK (Y). Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengungkap hubungan social persuasion dan kebermaknaan Workshop Pengelolaan Kelas (WPK) dengan self confidence saat KPL di SMK baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan yaitu ex post facto dengan rancangan deskriptif korelasional dan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan yaitu 130 mahasiswa S1 PTI angkatan 2014 yang sudah memenuhi kriteria sampel. Intrumen penelitian untuk mengukur variabel X1, X2, dan Y menggunakan angket. Nilai reliabilitas instrumen pengukuran X1 sebesar 0,843, variabel X2 sebesar 0,896, dan variabel Y sebesar 0,866. Data yang diperoleh diuji dengan analisis deksriptif korelasional dan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian: (1) Y dikategorikan tinggi sebesar 63,08%; (2) X1 dikategorikan tinggi sebesar 53,08%; (3) X2 dikategorikan tinggi sebesar 46,92%; (4) ada hubungan positif dan signifikan antara X1 dan Y; (5) ada hubungan positif dan signifikan antara X2 dan Y; (6) ada hubungan positif dan signifikan antara X1 dan X2 secara simultan dengan Y. Kesimpulan penelitian ini yaitu: (1) ada hubungan positif dan signifikan antara social persuasion dengan self confidence saat KPL di SMK; (2) ada hubungan positif dan signifikan antara kebermaknaan Workshop Pengelolaan Kelas (WPK) dengan self confidence saat KPL di SMK; (3) ada hubungan positif dan signifikan antara social persuasion dan kebermaknaan Workshop Pengelolaan Kelas (WPK) secara simultan dengan self confidence saat KPL di SMK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46546

Actions (login required)

View Item View Item