Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis mobile learning pada mata pelajaran pengolahan citra digital bermuatan project based learning untuk menumbuhkan kreativitas siswa Kelas XI SMK di Malang / Muhammad Arif Hidayatulloh

Hidayatulloh, Muhammad Arif (2018) Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis mobile learning pada mata pelajaran pengolahan citra digital bermuatan project based learning untuk menumbuhkan kreativitas siswa Kelas XI SMK di Malang / Muhammad Arif Hidayatulloh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayatulloh M. A. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Pengolahan Citra Digital Bermuatan Project Based Learning untuk Menumbuhkan Kreativitas Siswa Kelas XI SMK di Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Hakkun Elmunsyah S.T. M.T. (II) Triyanna Widiyaningtyas S.T. M.T. Kata Kunci Bahan Ajar Interaktif Pengolahan Citra Digital Mobile Learning Citra Bitmap Problem Based Learning Kreativitas. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan pada tiga SMK di Malang. Peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi Pengolahan Cira Digital karena pembelajaran masih konvensional. Sehingga siswa memerlukan media penunjang lain berupa bahan ajar interaktif berbasis mobile. Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis mobile learning dengan muatan project based learning dapat menjadi salah satu solusi untuk menangani permasalahan yang terjadi dan membantu siswa untuk memahami materi Pengolahan Citra Digital. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah merancang dan mengembangkan bahan ajar interaktif berbasis mobile learning pada mata pelajaran Pengolahan Citra Digital bermuatan project based learning pada siswa Kelas XI jurusan Multimedia di SMK serta menguji kelayakan bahan ajar sebagai suplemen pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah model ADDIE Langkah-langkah dalam model pengembangan ADDIE yaitu 1) Analysis dengan melakukan analisis kebutuhan analisis karakteristik siswa dan analisis tujuan pembelajaran (2) Design dengan menentukan strategi pembelajaran topik bahan ajar dan membuat desain story board (3) Development dengan melakukan pengembangan produk kemudian validasi oleh ahli materi dan ahli media (4) Implementation dengan mengimplementasikan produk yang telah dikembangkan (5) Evaluasi yang dilakukan pada setiap tahap sebelumnya. Teknik pengumpulan data menggunakan menggunakan lembar validasi oleh ahli media lembar validasi oleh dua ahli materi angket uji coba kelompok kecil angket uji coba kelompok besar dan angket kreativitas yang dimasukkan kedalam angket uji coba produk. Validasi media dari ahli media diperoleh skor sebesar 93.96% validasi materi dari 2 ahli sebesar 88 96% dan 86 67% uji coba kelompok kecil 88 47% dan uji coba kelompok besar 90 53%. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba yang telah dilakukan dapat dinyatakan bahwa produk aplikasi bahan ajar Pengolahan Citra Digital sebagai bahan ajar interaktif berbasis mobile learning pada mata pelajaran Pengolahan Citra Digital termasuk dalam kategori sangat layak. Artinya aplikasi bahan ajar ini dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Prodduk penelitian ini sudah diajukan pada Departemen HAKI dan sudah memperoleh sertifikat dengan nomor 000123933.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46543

Actions (login required)

View Item View Item