Hubungan kemampuan komunikasi interpersonal dan keteladanan dosen dalam bersikap dengan kesiapan menjadi guru ditinjau dari aspek kompetensi kepribadian pada mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika 2014 / Dyas Bintang Perdana - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kemampuan komunikasi interpersonal dan keteladanan dosen dalam bersikap dengan kesiapan menjadi guru ditinjau dari aspek kompetensi kepribadian pada mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika 2014 / Dyas Bintang Perdana

Perdana, Dyas Bintang (2018) Hubungan kemampuan komunikasi interpersonal dan keteladanan dosen dalam bersikap dengan kesiapan menjadi guru ditinjau dari aspek kompetensi kepribadian pada mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika 2014 / Dyas Bintang Perdana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Perdana Dyas Bintang . 2018. Hubungan Kemampuan Komunikasi Interpersonal dan Keteladanan Dosen dalam Bersikap dengan Kesiapan Menjadi Guru Ditinjau dari Aspek Kompetensi Kepribadian pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika 2014. Skripsi. Program Studi (S1) Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Setiadi Cahyono Putro M.Pd. M.T. pembimbing (II) Dyah Lestari S.T. M.Eng. Kata kunci kemampuan komunikasi interpersonal keteladanan dosen kesiapan menjadi guru kompetensi kepribadian. Kemerosotan moral dan karakter siswa menjadi sebuah kemunduran bagi dunia pendidikan dan menjadi sebuah catatan khusus. Kehadiran guru yang kompeten profesional bermartabat dengan kepribadian yang baik untuk dijadikan teladan dapat mendukung pembentukan karakter yang baik juga bagi siswa. Upaya mempersiapkan calon guru yang memiliki kompetensi kepribadian yang mumpuni harus didukung dengan kemampuan komunikasi interpersonal mahasiswa dan juga keteladanan dosen selama mahasiswa menjalani perkuliahan. Adanya faktor-faktor tersebut maka dilakukan penelitian dengan judul Hubungan Kemampuan Komunikasi Interpersonal (X1) dan Keteladanan Dosen dalam Bersikap (X2) dengan Kesiapan Menjadi Guru Ditinjau dari Aspek Kompetensi Kepribadian (Y) pada Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika 2014 . Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan (X1) (2) mendeskripsikan (X2) (3) mendeskripsikan (Y) (4) mengungkap signifikansi hubungan antara X1 dengan Y (5) mengungkap signifikansi hubungan antara X2 dengan Y dan (6) mengungkap signifikansi hubungan antara X1 dan X2 terhadap Y secara simultan. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2014 di Universitas Negeri Malang dengan jumlah sampel sebanyak 130 mahasiswa. Untuk mengukur variabel X1 variabel X2 dan Y menggunakan angket tertutup. Cara untuk mengungkap adanya hubungan antara X1 dengan Y maupun X2 dengan Y menggunakan analisis data korelasi parsial. Sedangkan untuk mengungkap hubungan X1 dan X2 secara simultan dengan Y menggunakan regresi ganda. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan bantuan software aplikasi SPSS. Persamaan regresi ganda yang didapatkan yaitu Y 89 628 0 568X1 0 096X2. Kesimpulan (1) Variabel X1 dalam kategori tinggi (2) variabel X2 dalam kategori sangat tinggi (3) variabel Y dalam kategori sangat tinggi (4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dengan Y (5) terdapat hubungan yang positif namun tidak signifikan antara X2 dengan Y (6) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara X1 dan X2 terhadap Y secara simultan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46542

Actions (login required)

View Item View Item