Pengembangan buku digital interaktif mata pelajaran administrasi sistem jaringan kelas XI Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 11 Malang / Muhammad Irfan Hafidh

Hafidh, Muhammad Irfan (2018) Pengembangan buku digital interaktif mata pelajaran administrasi sistem jaringan kelas XI Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 11 Malang / Muhammad Irfan Hafidh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Hafidh, Muhammad Irfan. 2018. Pengembangan Buku Digital Interaktif Mata Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan Kelas XI Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 11 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd., (2) Dila Umnia Soraya, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Buku Digital Interaktif, Media Pembelajaran, Teknik Komputer dan Jaringan, Administrasi Sistem jaringan, Sekolah Menengah Kejuruan Pelaksanaan proses belajar tidak luput dari penggunaan media sebagai sarana pembelajaran. Meskipun pembelajaran sudah cukup baik hanya dengan bersumber buku cetak, dan file dokumen (.doc/.pdf) akan tetapi pemanfaatan fasilitas yang kurang maksimal dan inovatif, menyebabkan hasil belajar kurang maksimal. Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu merancang, mengembangkan dan menguji tingkat kelayakan dari buku digital interaktif pada mata pelajaran Administrasi Sistem jaringan yang sesuai dengan kurikulum 2013 di SMK Negeri 11 Malang. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang memiliki lima tahap, yaitu: (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; dan (5) Evaluation. Pengumpulan data dilansanakan ada tahapan implementasi dengan memanfaatkan angket dengan skala likert yang ditujukan kepada ahli materi, ahli media dan para responden siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan yang terdiri dari 10 siswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 37 siswa untuk uji coba kelompok besar. Data kuantitatif yang telah diperoleh dilakukan analisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif untuk menentukan tingkat kelayakan bahan ajar digital yang telah dikembangkan dan diuji coba. Hasil kelayakan bahan ajar digital Administrasi Sistem Jaringan yang telah dikembangkan, diperoleh dari validasi para ahli dan para responden siswa yaitu: (1) ahli materi menyatakan bahan ajar digital cukup layak untuk digunakan dengan perolehan persentase 86.11 %, (2) ahli media menyatakan bahan ajar digital ini cukup layak digunakan dengan perolehan persentase 86.36 %, (3) responden para siswa kelas XI TKJ para uji coba kelompok kecil dan kelompok besar menyatakan bahan ajar digital ini cukup layak untuk digunakan dengan perolehan persentase masing-masing 91.66 % dan 94.27 %. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan, maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar digital Administrasi Sistem Jaringan dinyatakan cukup layak dan dapat digunakan dalam proses kegiatan belajar serta pembelajaran bagi para peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46541

Actions (login required)

View Item View Item