Pengembangan modul digital berbasis mobile mata pelajaran komputer dan jaringan dasar bermuatan CTL untuk menumbuhkan kemandirian belajar pada siswa kelas X TKJ SMKN 10 Malang / Syifaul Fauziyah

Fauziyah, Syifaul (2018) Pengembangan modul digital berbasis mobile mata pelajaran komputer dan jaringan dasar bermuatan CTL untuk menumbuhkan kemandirian belajar pada siswa kelas X TKJ SMKN 10 Malang / Syifaul Fauziyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fauziyah, Syifaul. 2018. Pengembangan Modul Digital Berbasis Mobile Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Bermuatan CTL untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar pada Siswa Kelas X TKJ SMKN 10 Malang. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom. (II) Utomo Pujianto, S.Kom., M.Kom. Kata Kunci: Modul Digital, Komputer dan Jaringan Dasar, CTL, Kemandirian Belajar. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran komputer dan jaringan dasar, terdapat beberapa permasalahan dalam proses pembelajaran, diantaranya adalah: Pertama, belum tersedia bahan ajar yang terstruktur. Kedua, siswa masih ketergantungan dengan materi yang disampaikan oleh guru. Ketiga, siswa merasa bingung dalam mempelajari materi yang diperoleh dari berbagai sumber. Dan keempat, banyak contoh materi yang tidak disampaikan secara kontekstual pada kehidupan nyata. Model pengembangan yang digunakan adalah model Research and Development (R&D), model tersebut memiliki 10 tahapan, yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan informasi; (3) desai produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk; (10) produk massal. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X TKJ SMK Negeri 10 Malang. Validasi ahli meliputi ahli materi, ahli media dan guru mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Proses uji coba, pengembang menggunakan uji coba produk yang melibatkan 10 siswa, sedangkan proses uji pemakaian melibatkan 32 siswa. Penelitian ini untuk menghasilkan Modul Digital bermuatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk menumbuhkan kemandirian belajar siswa kelas X TKJ di SMKN 10 Malang, serta menerapkan Modul Digital yang bermuatan CTL pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar untuk menumbuhkan kemandirian belajar siswa. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi adalah 80,8%, dan hasil validasi yang diperoleh dari ahli media adalah 79,2%, sedangkan hasil dari uji coba produk adalah 86,3%, dan hasil dari uji coba pemakaian adalah 90,5%. Hasil kemandirian belajar siswa dengan kategori tinggi (≥30) dengan persentase 81,25% sebanyak 26 siswa, dan kategori kemadirian sedang (21-29) dengan persentase 18,75% sebanyak 6 siswa. Kesimpulan dari pengembangan dan penelitian ini adalah Modul Digital Komputer dan Jaringan Dasar dinyatakan sangat layak untuk digunakan, dan hasil kemandirian belajar siswa saat menggunakan modul masuk dalam kategori tinggi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46540

Actions (login required)

View Item View Item