Pengembangan bahan ajar pengantar teknologi informasi berbasis contextual teaching and learning di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Shinata Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar pengantar teknologi informasi berbasis contextual teaching and learning di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Shinata Putra

Putra, Shinata (2018) Pengembangan bahan ajar pengantar teknologi informasi berbasis contextual teaching and learning di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Shinata Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Putra Shinata. 2018. Pengembangan Baha Ajar Pengantar Teknologi Informasi Berbasis Contextual Teaching and Learning Di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Ir. Syaad Phatmantara M.Pd. (2) Dila Umnia Soraya S.Pd. M.Pd. Kata Kunci modul digital pengantar teknologi informasi contextual teaching and learning. Modul merupakan salah satu sumber belajar yang disusun secara sistematis dan menarik yang mencakup isi materi metode dan evaluasi yang dapat digunakan secara mandiri untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Pada proses perkuliahan pengantar teknologi informasi di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang memiliki kendala yaitu Belum ada bahan ajar yang dapat digunakan mahasiswa secara mandiri selain buku yang direkomendasikan oleh dosen. Oleh karena itu dalam proses pengantar teknologi informasi di jurusan teknik elektro universitas negeri malang dibutuhkan sumber belajar yang menarik dan mudah dipahami oleh mahasiswa. Model pengembangan modul digital ini menggunakan model pengembangan Sugiyono. Model pengembangan ini memiliki sepuluh tahapan yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk (10) produksi masal. Berdasarkan analisis data yang dilakukan didapatkan persentase dari ahli media sebesar 90.00% ahli materi 93.06% hasil uji coba kelompok kecil dengan pencapaian persentase 89.69% dan hasil uji coba kelompok besar dengan pencapaian persentase 88.09% Berdasarkan interpretasi data menurut Akbar (2013) hasil tersebut dinyatakan sangat valid dari batas minimum persentase validitas sebesar 85.01%. Sehingga dapat disimpulkan modul digital pengantar teknologi informasi bermuatan contextual teaching and learning (CTL) layak digunakan sebagai media belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46539

Actions (login required)

View Item View Item