Pengembangan buku digital mata pelajaran komputer dan jaringan dasar pada siswa kelas X Program Keahlian TKJ di SMKN 11 Malang / Muhammad Muhaisini

Muhaisini, Muhammad (2018) Pengembangan buku digital mata pelajaran komputer dan jaringan dasar pada siswa kelas X Program Keahlian TKJ di SMKN 11 Malang / Muhammad Muhaisini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Muhaisini, Muhammad. 2018. Pengembangan Buku Digital Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar pada Siswa Kelas X di SMKN 11 Malang. Jurusan Teknik Elektro, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd. (2) Dila Umnia Soraya, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Buku Digital, Komputer dan Jaringan Dasar. Peneliti melakukan observasi dan wawancara kepada guru dan siswa di SMKN 11 Malang, diperoleh informasi bahwa penggunaan K13 revisi diterapkan pada tahun ajaran 2018/2019. Belum tersedianya bahan-bahan ajar khususnya untuk mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di kelas X TKJ yang sesuai K13. Selain itu pada proses pembelajaran siswa kurang antusias karena dalam proses penyampaian materi guru hanya menggunakan modul dan slide presentasi (PDF dan PPT) sehingga pembelajaran terlihat pasif. Pada proses pembelajaran siswa kesulitan untuk memahami materi dan identifikasi masalah saat praktik dan Guru menginginkan materi perakitan tidak hanya mencakup perakitan komputer melaikan perakitan laptop dan handphone. Bahan ajar komputer dan jaringan dasar yang dibuat berbasis Electronic publication (EPUB) yang terdiri atas file multimedia, html5, css, xhtml, xml yang dikemas dalam satu file. Model Pengembangan yang digunakan adalah Analisys Design Develop Implement Evaluate (ADDIE) yang dikembangkan oleh Dick and Carry. Model/Metode Pengembangan ini terdiri dari 5 Tahapan yaitu: Analisis, Desain, pengembangan, implentasi, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi, sedangkan subjek uji coba media ini adalah siswa kelas X TKJ 3 di SMKN 11 Malang dengan melakukan pengujian dan membagikan lembar validasi yang diisi oleh siswa. Kemudian dilakukan evaluasi produk yang didapatkan dari lembar validasi uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka didapatkan persentase hasil validasi dari ahli materi sebesar 92% yang tergolong sangat valid, hasil validasi media sebesar 97% yang tergolong sangat valid, hasil uji coba kelompok kecil sebesar 93,50% yang tergolong sangat valid, dan hasil uji coba kelompok besar sebesar 87,07% yang tergolong sangat valid. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan buku digital komputer dan jaringan dasar sangat valid dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46538

Actions (login required)

View Item View Item