Pengembangan modul cetak komputer dan jaringan dasar dengan model pembelajaran problem based learning pada kelas X TKJ SMK Negeri 1 Sorong / Risnal Mambrasar

Mambrasar, Risnal (2018) Pengembangan modul cetak komputer dan jaringan dasar dengan model pembelajaran problem based learning pada kelas X TKJ SMK Negeri 1 Sorong / Risnal Mambrasar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Mambrasar, Risnal 2017. Pengembangan Modul Cetak Komputer Dan Jaringan Dasar Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Kelas X TKJ SMK NEGERI I SORONG. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang, Pembimbing (1); Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M. Pd. (2); Drs. Wahyu Sakti G.I,. M.Kom Kata Kunci: Modul, Komputer Dan Jaringan Dasar, SMK. SMK Negeri 1 Sorong merupakan salah satu SMK Negeri yang terdapat di kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat. Berdasarkan hasil observasi diketahui adanya kendala yang di alami oleh siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar. Hal tersebut disebabkan karena belum tersedianya modul Komputer Dan Jaringan Dasar sesuai dengan kurikulum yang yang diterapkan disekolah yaitu Kurikulum 2013. Komputer Dan Jaringan Dasar adalah salah satu materi pokok dalam jurusan TKJ. Komputer Dan Jaringan Dasar merupakan mata pelajaran yang abstrak sehingga dibutuhkan bahan ajar yang memadai untuk mempermudah siswa untuk memahami setiap materinya. Tidak adanya modul Komputer Dan Jaringan Dasar tersebut mengakibatkan siswa merasa kesulitan dalam memahami materi komputer dan jaringan dasar dan kesulitan dalam mengikuti kegiatan praktikum komputer dan jaringan dasar. Adanya bahan ajar berupa buku teks pelajaran dan perangkat komputer yang disediakan oleh pihak sekolah untuk kegiatan praktikum komputer dan jaringan dasar sangat terbatas jumlahnya dan tidak sebanding dengan siswa yang mengikuti praktikum. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu perlu dikembangkan modul ini guna untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar. Pada pengembangan modul ajar Komputer Dan Jaringan Dasar ini perlu menggunakan model pengembangan Dick and Carey. Menurut Dick And Carey, terdapat 10 tahapan dalam pengembangan modul ajar namaun pada pengembangan modul Komputer Dan Jaringan Dasar ini peneliti hanya menggunakan 9 tahapan. Tahapan yang peneliti gunakan antara lain: (1);mengidentifikasi tujuan pembelajaran (2); menidentifikasi perilaku dan karakteristik (3); merumuskan tujuan tujuan pembelajaran (4);melakukan analisis pembelajaran (5); mengembangkan butir test acuan patokan (6);mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan bahan ajar (8);merancang dan melakukan uji coba, dan (9);revisi bahan ajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46534

Actions (login required)

View Item View Item