Pengembangan modul pemrograman dasar bermuatan model learning cycle untuk menumbuhkan kemandirian belajar pada siswa kelas X RPL di SMKN 4 Malang / Ratih Khoiriyah

Khoiriyah, Ratih (2018) Pengembangan modul pemrograman dasar bermuatan model learning cycle untuk menumbuhkan kemandirian belajar pada siswa kelas X RPL di SMKN 4 Malang / Ratih Khoiriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khoiriyah Ratih. 2018. Pengembangan Modul Pemrograman Dasar Bermuatan Model Learning Cycle 7E untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar pada Siswa Kelas X RPL di SMKN 4 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (II) Dila Umnia Soraya S.Pd. M.Pd. Kata Kunci kemandirian belajar modul pembelajaran learning cycle pemrograman dasar Proses pembelajaran mata pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X RPL di SMKN 4 Malang berlangsung hanya dengan memanfaatkan Buku Sekolah Elektronik (BSE) sebagai bahan ajar serta proses pembelajaran yang diterapkan masih berpusat pada guru dimana guru menyampaikan materi dan langkah-langkah pengerjaan secara singkat kemudian memberikan instruksi kepada siswa untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. BSE berisi materi yang sesuai dengan kurikulum serta memiliki kebenaran konsep namun tidak menjabarkan materi dalam langkah-langkah sistematis yang dapat memudahkan siswa dalam memahami materi khususnya materi yang berbasis praktik. Hal ini mengakibatkan timbulnya kesulitan pada saat kegiatan praktikum sebagian besar siswa masih meminta bantuan dari siswa lain tentang langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan tugasnya. Selain itu BSE tidak memuat siklus pembelajaran yang tertata untuk memudahkan siswa dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang mengembangkan menguji dan memanfaatkan modul pemrograman dasar bermuatan model Learning Cycle 7E untuk menumbuhkan kemandirian siswa. Modul dikembangkan dengan materi yang disusun secara sistematis dan memuat 7 tahap pembelajaran Learning Cycle yang runtut sehingga mudah dipelajari dan mendorong siswa untuk dapat aktif membangun pengetahuannya secara mandiri. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick and Carrey. Model Dick and Carrey dipilih karena pada modul yang dikembangkan terdapat unsur pembelajaran yang diintegrasikan ke dalam modul. Model Dick and Carrey memiliki 10 langkah penembangan namun pada pengembangan ini dibatasai hanya langkah ke sembilan yaitu revisi. Hasil penilaian yang diperoleh dari validasi ahli materi diperoleh 94% untuk moduk siswa dan 90 38% untuk modul guru ahli media diperoleh 85 26% untuk modul siswa dan 94 70% untuk modul guru uji coba kelompok perseorangan diperoleh presentase 80 36% uji coba kelompok kecil diperoleh 80 95% dan uji coba kelompok besar diperoleh 85 24%. Hasil uji kemandirian belajar siswa saat menggunakan modul diperoleh sebesar 87 42%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan dapat menumbuhkan kemandirian belajar siswa dengan kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46533

Actions (login required)

View Item View Item