Pengembangan sistem informasi prakerin dengan rekomendasi penempatan prakerin menggunakan algoritma naive bayes di SMKN 1 Kepanjen / Nur Lailliyah Cintya Dewi

Dewi, Nur Lailliyah Cintya (2018) Pengembangan sistem informasi prakerin dengan rekomendasi penempatan prakerin menggunakan algoritma naive bayes di SMKN 1 Kepanjen / Nur Lailliyah Cintya Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Dewi, Nur Lailliyah Cintya. 2018. Pengembangan Sistem informasi Prakerin dengan Rekomendasi Penempatan Prakerin menggunakan Algoritma Na?»ve Bayes di SMKN 1 Kepanjen. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Aji Prasetya Wibawa, S.T., M.M.T., Ph.D.,(II) Utomo Pujianto, S.Kom., M.Kom. Kata Kunci: Prakerin, Na?»ve Bayes, Sistem informasi, monitoring, TAM Penerapan Prakerin memiliki beberapa kendala yang dapat menyebabkan kemungkinan kegagalan untuk mencapai tujuan dari Prakerin itu sendiri. Beberapa hambatan untuk Prakerin adalah ketidakakuratan dalam penempatan, menghasilkan ketidakseimbangan antara kemampuan siswa dan kebutuhan industri. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk merancang, mengembangkan dan menguji penerimaan sistem informasi prakerin dengan rekomendasi industri untuk mengurangi ketidaktepatan dalam pemilihan tempat industri. Pengembangan sistem menggunakan model pengembangan waterfall, di mana langkah-langkahnya meliputi: (1) Communication, (2) Planning, (3) Modeling, (4) Construction, (5) Deployment. Pemilihan industri adalah permasalahan yang berkaitan dengan pengklasifikasian industri. Salah satu algoritma yang terbukti dapat menyelesaikan permasalahan klasifikasi dengan teknik probabilitas sederhana dan digunakan dalam penelitian ini adalah Na?»ve Bayes Classifier (NBC). Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket sesuai dengan indikator Technology Acceptance Model (TAM) untuk mengevaluasi sistem berdasarkan penerimaan pengguna. Uji validitas dan reliabilitas instrumen tes dibantu dengan program SPSS. Sebanyak 64 pengguna yang terdiri dari Kepala Program, Guru dan Siswa memberikan respon terhadap sistem melalui angket. Perangkat lunak yang dikembangkan berupa sistem informasi prakerin dengan rekomendasi prakerin berdasarkan algoritma Na?»ve Bayes Classifier (NBC). Hasil pengujian sistem menggunakan perbandingan perhitungan manual dengan output sistem, dengan dataset sebanyak 74 data siswa menghasilkan pengujian akurasi sebesar 80%. Hasil perhitungan regresi pengaruh variabel Perceived Ease of Use (PEOU) terhadap Perceived Usefulness (PU) sebesar 89%, pengaruh Ease of Use (PEOU) dan Perceived Usefulness (PU) terhadap Attitude toward Using (ATU) sebesar 88,8%, pengaruh Perceived Usefulness (PU) dan Attitude toward Using (ATU) terhadap Behavioural Intention to Use (ITU) sebesar 91,7%, dan pengaruh Behavioural Intention to Use (ITU) terhadap Actual System Use (ASU) sebesar 92,6%. Artinya, sistem telah diterima oleh pengguna di SMKN 1 Kepanjen sesuai dengan indikator technology acceptance model.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > TIN Software Engineering
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46531

Actions (login required)

View Item View Item