Perbedaan rerata hasil belajar simulasi dan komunikasi digital karena penerapan model pembelajaran POE dibandingkan dengan model pembelajaran PRP pada siswa kelas X TKJ di SMKN 10 Malang / Ines Rendra Kusuma

Kusuma, Ines Rendra (2018) Perbedaan rerata hasil belajar simulasi dan komunikasi digital karena penerapan model pembelajaran POE dibandingkan dengan model pembelajaran PRP pada siswa kelas X TKJ di SMKN 10 Malang / Ines Rendra Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv ABSTRAK Kusuma I.R. 2018. Perbedaan Rerata Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital karena Penerapan Model Pembelajaran POE Dibandingkan dengan Model Pembelajaran PRP pada Siswa Kelas X TKJ di SMKN 10 Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Setiadi Cahyono Putro M.Pd. M.T. (II) Dila Umnia Soraya S.Pd. M.Pd. Kata Kunci hasil belajar model pembelajaran POE model pembelajaran PRP Simulasi dan Komunikasi Digital. Hasil observasi pada proses pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital kelas X TKJ di SMKN 10 Malang ditemukan sebanyak 90% hasil belajar siswa belum mencapai KKM dan siswa kurang aktif selama proses pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dilakukan penelitian untuk mendapatkan model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan hasil belajar. Model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model POE dan model PRP. Tujuan penelitian ini adalah (1) deskripsi hasil belajar ranah kognitif karena penerapan model POE (2) deskripsi hasil belajar ranah psikomotor karena penerapan model POE (3) deskripsi hasil belajar ranah kognitif karena penerapan model PRP (4) deskripsi hasil belajar ranah psikomotor karena penerapan model PRP (5) mengetahui signifikansi perbedaan rerata hasil belajar ranah kognitif Simulasi dan Komunikasi Digital karena penerapan model POE dibandingkan dengan model PRP dan (6) mengetahui signifikansi perbedaan rerata hasil belajar ranah psikomotor Simulasi dan Komunikasi Digital karena penerapan model POE dibandingkan dengan model PRP. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi exsperimental design (eksperimen semu) dengan tipe Non-Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKJ 1 sebagai kelompok A dan X TKJ 4 sebagai kelompok B. Sampel yang digunakan berjumlah 56 siswa masing-masing kelas terdiri dari 28 siswa. Instrumen pengukuran berupa tes kognitif dan lembar observasi praktikum. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan Independent-Sample T Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) adanya peningkatan hasil belajar ranah kognitif karena penerapan model pembelajaran POE yaitu memiliki nilai rata-rata dari kategori rendah menjadi kategori tinggi (2) adanya peningkatan hasil belajar ranah psikomotor karena penerapan model pembelajaran POE yaitu memiliki nilai rata-rata yang termasuk kategori sangat tinggi (3) adanya peningkatan hasil belajar ranah kognitif karena penerapan model pembelajaran PRP yaitu memiliki nilai rata-rata dari kategori rendah menjadi kategori sedang (4) adanya peningkatan hasil belajar ranah psikomotor karena penerapan model pembelajaran PRP yaitu memiliki nilai rata-rata yang termasuk kategori tinggi (5) terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata hasil belajar ranah kognitif pada kelompok model POE dibandingkan model PRP dan (6) terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata hasil belajar ranah psikomotor pada kelompok model POE dibandingkan model PRP. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan rerata hasil belajar ranah kognitif dan ranah psikomotor Simulasi dan Komunikasi Digital karena penerapan model pembelajaran POE dibandingkan dengan model pembelajaran PRP. Berdasarkan hasil perbedaan rerata tersebut model pembelajaran yang lebih unggul pada ranah kognitif dan ranah psikomotor yaitu model pembelajaran POE.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46530

Actions (login required)

View Item View Item