Pengembangan bahan ajar interaktif pada mata pelajaran animasi 2 dimensi kelas XI Jurusan Multimedia SMK Negeri 1 Trenggalek / Ardhi Aripratomo

Aripratomo, Ardhi (2018) Pengembangan bahan ajar interaktif pada mata pelajaran animasi 2 dimensi kelas XI Jurusan Multimedia SMK Negeri 1 Trenggalek / Ardhi Aripratomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Aripratomo, Ardhi. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif pada Mata Pelajaran Animasi 2 Dimensi Kelas XI Jurusan Multimedia SMK Negeri 1 Trenggalek. Skripsi, S1 Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Prof. Dr. H. Tri Atmadji S., M.Pd, (II) I Made Wirawan S.T., S.S.T., M.T. Kata Kunci: Bahan Ajar, Interaktif, Animasi 2 Dimensi. Bahan ajar merupakan kumpulan sumber belajar yang telah tersusun secara sistematis dan digunakan oleh tenaga pendidik sebagai alat bantu dalam penyampaian materi pelajaran pada proses belajar mengajar. Beragamnya bahan ajar akan sangat membantu peserta didik menyerap materi pembelajaran lebih cepat. Berdasarkan hasil wawancara kepada guru Animasi 2 Dimensi kelas XI di SMK Negeri 1 Trenggalek, permasalahan yang dihadapi peserta didik mata pelajaran Animasi 2 Dimensi adalah komposisi bahan ajar yang digunakan masih berupa teks dan gambar tanpa ada keterangan yang rinci dan beberapa materi yang dianggap mendasar namun peserta didik masih sulit untuk memahami. Animasi 2 Dimensi merupakan mata pelajaran yang mempelajari pembuatan gambar bergerak dalam lingkup dua dimensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar interaktif pada mata pelajaran Animasi 2 Dimensi di SMK Negeri 1 Trenggalek yang mempunyai kriteria baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian dari 4D menurut Thiagarajan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) define (pendefinisian) dengan tahapan analisis kurikulum, analisis karakter peserta didik, analisis materi, dan merumuskan tujuan, (2) design (perancangan) dengan tahapan memilih media pembelajaran yang sesuai, pemilihan bentuk penyajian pembelajaran, dan mensimulasikan penyajian materi, (3) develop (pengembangan) dengan tahapan pengujian ahli (expert appraisal), dan pengujian pengembang (development testing), dan (4) disseminate (penyebarluasan) dengan melakukan pendistribusian bahan ajar. Berdasarkan hasil penelitian terhadap tingkat kelayakan pengembangan bahan ajar interaktif yang telah dilakukan, didapatkan nilai persentase akhir 81% pada uji review oleh ahli materi, 91% pada uji review oleh ahli media, 87,3% pada uji coba kelompok kecil dengan sampel acak 10 peserta didik, 83,2% pada uji coba lapangan dengan 30 peserta didik. Berdasarkan seluruh hasil uji tersebut dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan bahan ajar interaktif yang dikembangkan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran pada Mata Pelajaran Animasi 2 Dimensi kelas XI Jurusan Multimedia SMK Negeri 1 Trenggalek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46528

Actions (login required)

View Item View Item