Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran desain grafis percetakan kelas XI Multimedia di SMK Negeri 12 Malang / Fajar Prasetya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran desain grafis percetakan kelas XI Multimedia di SMK Negeri 12 Malang / Fajar Prasetya

Prasetya, Fajar (2018) Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran desain grafis percetakan kelas XI Multimedia di SMK Negeri 12 Malang / Fajar Prasetya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Prasetya Fajar. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Android Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan Kelas XI Multimedia di SMK Negeri 12 Malang. Skripsi S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Kata Kunci Pengembangan Informasi Desain Grafis percetakan Android. Hasil pengamatan ketika guru menyampaikan materi pelajaran dalam kelas ada beberapa mata pelajaran yang mengalami kesulitan dalam penyampaian materi yaitu desain grafis percetakan. Kesulitan ini didukung juga ketika guru menyampaikan pembelajaran menggunakan media power point. Siswa merasa kesulitan dalam menerima pembelajaran karena siswa cenderung kurang memperhatikan pembelajaran berlangsung dan kurangnya minat dalam pembelajaran menggunakan power point yang bersifat ceramah. Media pembelajaran yang menarik serta dapat merangsang imajinasi dan kreatifitas siswa dibutuhkan untuk mengantisipasi kendala tersebut salah satu contoh adalah media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran desain grafis percetakan. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media berbasis android pada mata pelajaran desain grafis percetakan untuk siswa SMKN 12 Malang kelas XI Semester 1 sebagai sumber belajar mandiri dengan mengemas materi dan contoh bagaimana proses desain grafis dalam media. Metode yang digunakan menggunakan prosedur pengembangan Sugiyono (2012) yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) uji coba pemakaian (6) revisi produk (7) Uji coba produk (8) revisi desain (9) revisi produk dan (10) produk massal. Prosedur ini menjelaskan langkah-langkah prosedural yang ditempuh dalam membuat media pembelajaran ini. Hasil secara keseluruhan dari pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk kelas XI multimedia di SMK Negeri 12 Malang di dapat presentase rata-rata tingkat kelayakan 88 7% dan dinyatakan sangat valid. Keseluruhan hasil yang didapat adalah berdasarkan validasi ahli dan uji coba kelayakan siswa kelas XI (sebelas). Hasil validasi ahli materi di dapat tingkat kelayakan 90 2% dan dinyatakan sangat valid. Hasil validasi ahli media di dapat tingkat kelayakan 88 5% dan dinyatakan sangat valid. Hasil uji coba kelompok kecil di dapat tingkat kelayakan 89 2% dan dinyatakan sangat valid. Hasil uji coba lapangan di dapat tingkat kelayakan 87% dan dinyatakan sangat valid. Merujuk pada kriteria validitas analisis persentase menurut Akbar maka dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan layak digunakan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46527

Actions (login required)

View Item View Item