Interaksi kemandirian belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran discovery learning dan creative problem solving terhadap hasil belajar pemrograman web pada siswa kelas RPL di SMK Negeri 6 Malang / Lailatul Fitria

Fitria, Lailatul (2018) Interaksi kemandirian belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran discovery learning dan creative problem solving terhadap hasil belajar pemrograman web pada siswa kelas RPL di SMK Negeri 6 Malang / Lailatul Fitria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv ABSTRAK Fitria, Lailatul. 2018. Interaksi Kemandirian Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Web Pada Siswa Kelas X RPL di SMK Negeri 6 Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Setiadi Cahyono Putro, M.Pd., M.T., (II) Triyanna Widiyaningtyas, S.T., M.T. Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Discovery Learning, Creative Problem Solving, Hasil Belajar, Pemrograman Web Berdasarkan observasi Kajian Praktik Lapangan (KPL) pada mata pelajaran Pemrograman Web kelas X RPL di SMK Negeri 6 Malang diketahui bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan masih bersifat konvensional. Sehingga kemandirian siswa untuk belajar dan menggali informasi kurang, hal ini dapat dilihat dari proses belajar siswa yang selalu terpaku dengan penjelasan guru sehingga penguasaan dan pemecahan masalah dari materi yang diserap siswa tidak optimal. Maka dari itu perlu adanya inovasi dalam menerapkan model pembelajaran yang melatih siswa untuk belajar secara mandiri dan dapat meningkatkan hasil belajar. Salah satu model yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran Discovery Learning dan Creative Problem Solving. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi hasil belajar kelas tingkat kemandirian tinggi dengan penerapan model pembelajaran; (2) deskripsi hasil belajar kelas tingkat kemandirian rendah dengan penerapan model pembelajaran; (3) interaksi antara kemandirian siswa dengan model pembelajaran terhadap hasil belajar; (4) signifikan perbedaan antara hasil belajar tingkat kemandirian tinggi dan tingkat kemandirian rendah; dan (5) salah satu perbedaan yang paling signifikan antara hasil belajar yang dipengaruhi oleh interaksi kemandirian dan penerapan model pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian true experiment yang menggunakan design faktorial 2x2. Sebelum melakukan penelitian dilakukan uji tingkat kemandirian terlebih dahulu untuk membagi kelas menggunakan angket kemandirian. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji two way anova dan post-hoc comparison. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat interaksi antara model dan tingkat kemandirian terhadap hasil belajar dengan probabilitas signifikansi 0,000 < 0,05; (2) terdapat perbedaan antara hasil belajar tingkat kemandirian tinggi dan tingkat kemandirian rendah dengan penerapan model pembelajaran yang memiliki probabilitas signifikansi 0,000 < 0,05; dan (3) terdapat salah satu perbedaan yang paling signifikan yaitu kelas TK1DL dengan kelas TK2DL, kelas TK2DL dengan kelas TK1CPS, dan kelas TK2DL dengan kelas TK2CPS. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat interaksi, signifikansi perbedaan, dan salah satu perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas kemandirian tinggi dan kelas kemandirian rendah dengan penerapan model pembelajaran. Model pembelajaran DL hanya cocok digunakan pada siswa dengan tingkat kemandirian tinggi, sedangkan model pembelajaran CPS cocok digunakan pada siswa dengan tingkat kemandirian tinggi maupun rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46526

Actions (login required)

View Item View Item