Pengembangan media pembelajaran alternatif berbasis motion comic pada mata pelajaran pemrograman dasar untuk siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK / Mulya Indra Madhana

Madhana, Mulya Indra (2019) Pengembangan media pembelajaran alternatif berbasis motion comic pada mata pelajaran pemrograman dasar untuk siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK / Mulya Indra Madhana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Madhana, Mulya Indra. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Alternatif berbasis Motion Comic Mata pada Pelajaran Pemrograman Dasar untuk Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T., Kata Kunci : Motion Comic,Pemrograman Dasar, Media Pembelajaran Alternatif Mata pelajaran pemrograman dasar termasuk mata pelajaran yang kaya akan konsep, sehingga untuk memahaminya dibutuhkan sumber belajar yang relevan agar siswa mudah memahami materi. Siswa kelas X jurusan TKJ kerap kali kebingungan dalam memahami konsep pemrograman, karena pada dasarnya jurusan TKJ tidak difokuskan untuk mempelajari pemrograman. Menyadari betapa pentingnya materi pemrograman dasar bagi siswa jurusan TKJ agar dapat menguasai materi pemrograman, oleh karena itu dibutuhkan cara penyampaian materi dengan media pembelajaran yang unik dan mudah dipahami untuk menarik perhatian siswa. Tujuan pengembangan media ini, adalah : (1) Merancang Media Pembelajaran berbasis Motion comic untuk siswa kelas X TKJ, (2) Mengembangkan Media Pembelajaran pemrograman dasar berbasis Motion comic untuk siswa kelas X TKJ, (3) Menguji kelayakan Media Pembelajaran pemrograman dasar berbasis Motion comic yang sudah tervalidasi. Model pengembangan menggunakan model ADDIE dengan tahapan yaitu (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Validasi dan uji coba media dilakukan dengan 3 tahap yaitu, (1) validasi ahli materi dan ahli media, (2) uji coba kelompok kecil, dan (3) uji coba lapangan. Media pembelajaran yang dihasilkan adalah media digital yang berbentuk video motion comic. Motion Comic adalah komik yang digambar menggunakan teknik digital ataupun manual kemudian di lakukan editing menggunakan aplikasi pengolah video sehingga komik tersebut akan nampak bergerak dan menarik. Secara keseluruhan, media ini memiliki tujuan, apersepsi, materi inti, dan evaluasi yang nantinya akan dikerjakan oleh siswa. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli media sebesar 93,0 % (Sangat layak). Hasil validasi ahli media oleh guru pemrograman dasar SMKN 3 Malang mendapat presentase sebesar 86,96% (Sangat layak). Uji coba kelompok kecil (9 orang) yang dilakukan pada siswa SMKN 3 Malang yang sedang menempuh mata pelajaran pemrograman dasar mendapatkan presentase sebesar 86,87% (Sangat layak). Uji kelompok besar (29 orang) mendapatkan presentase sebesar 86,48 % (Sangat layak). Berdasarkan uji dari para ahli dan responden siswa maka media pembelajaran berbasis Motion comic dikategorikan sangat layak (Sangat valid) dan layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran Pemrograman Dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46524

Actions (login required)

View Item View Item