Perbedaan rerata hasil belajar pemrograman dasar yang diajar menggunakan model mind mapping dibandingkan dengan model team assisted individualization berbantuan modul pada siswa kelas X TKJ di SMKN 10 Malang / Rani Agustin

Agustin, Rani (2018) Perbedaan rerata hasil belajar pemrograman dasar yang diajar menggunakan model mind mapping dibandingkan dengan model team assisted individualization berbantuan modul pada siswa kelas X TKJ di SMKN 10 Malang / Rani Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustin, Rani. 2018. Perbedaan Rerata Hasil Belajar Pemrograman Dasar yang Diajar Menggunakan Model Mind Mapping Dibandingkan dengan Model Team Assisted Individualization Berbantuan Modul pada Siswa Kelas X TKJ di SMKN 10 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Setiadi Cahyono Putro, M.Pd., M.T., Pembimbing (II) Triyanna Widiyaningtyas, S.T., M.T. Kata Kunci: Mind Mapping, Team Assisted Individualization, Hasil Belajar Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pemrograman Dasar sangat dipengaruhi oleh proses pembelajaran ketika siswa belajar. Pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran, merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dari hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil belajar ranah kognitif dan psikomotorik dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping dan Team Assisted Individualization pada mata pelajaran Pemrograman Dasar berbantuan modul di SMK Negeri 10 Malang; (2) mengetahui perbedaan rerata hasil belajar ranah kognitif dan psikomotorik dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping dan Team Assisted Individualization pada mata pelajaran Pemrograman Dasar berbantuan modul di SMK Negeri 10 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Bentuk rancangan penelitian pada eksperimen ini menggunakan model Quasi Experimental Design (eksperimen semu) dengan pola Non-Equivalent Control Group Design dengan penerapan model Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen 1 yang menerapkan model pembelajaran Mind Mapping dengan jumlah 28 siswa dan siswa kelas X TKJ 4 sebagai kelas eksperimen 2 dengan menerapakan model pembelajaran Team Assisted Individualization yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data berupa soal uraian ranah kognitif dan lembar penilaian psikomotorik. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 1 pada ranah kognitif sebesar 78 dan pada ranah psikomotorik sebesar 77, sedangkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 2 pada ranah kognitif sebesar 83 dan pada ranah psikomotorik sebesar 82 (2) hasil belajar ranah kognitif dengan nilai signifikansi 0,006 < 0,05 dan nilai hasil belajar ranah psikomotorik dengan nilai signifikansi 0,010 < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini jika berdasarkan dengan hipotesis ranah kognitif yang diajukan adalah terdapat perbedaan rerata hasil belajar ranah kognitif setelah diterapkan model pembelajaran Mind Mapping dan Team Assisted Individualization pada mata pelajaran pemrograman dasar dan jika berdasarkan dengan hipotesis ranah psikomotorik yang diajukan adalah terdapat perbedaan rerata hasil belajar ranah psikomotorik setelah diterapkan model pembelajaran Mind Mapping dan Team Assisted Individualization pada mata pelajaran pemrograman dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46523

Actions (login required)

View Item View Item