Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis mobile pada mata pelajaran dasar desain grafis bermuatan problem based learning untuk siswa kelas X Program Keahlian TKI di SMK / Resita Silvia Ekawati

Ekawati, Resita Silvia (2018) Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis mobile pada mata pelajaran dasar desain grafis bermuatan problem based learning untuk siswa kelas X Program Keahlian TKI di SMK / Resita Silvia Ekawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Ekawati,Resita Silvia. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Mobile pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Bermuatan Problem Based Learning untuk Siswa Kelas X Program Keahlian TKI di SMK. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T., (2) I Made Wirawan, S.T., S.S.T., M.T. Kata Kunci : Bahan Ajar Interaktif, Mobile, Dasar Desain Grafis, Problem Based Learning. Berlakunya perubahan kurikulum 2013 menjadi revisi 2017 berdampak pada kegiatan pembelajaran termasuk perubahan mata pelajaran sekaligus isi dari materi pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dari tiga SMK dengan Program Keahlian TKI di sekitar Malang, peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi Dasar Desain Grafis sehingga siswa memerlukan media penunjang lain berupa bahan ajar interaktif berbasis mobile. Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis mobile dapat menjadi solusi untuk menangani permasalahan yang terjadi dan membantu siswa untuk memahami materi Dasar Desain Grafis. Selain itu penggunaan model pembelajaran problem based learning yang memberikan contoh permasalahan nyata dalam kehidupan sehari-hari dapat menambah ketertarikan peserta didik pada bahan ajar yang dikembangkan. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah merancang dan mengembangkan aplikasi d-Graf sebagai bahan ajar interaktif berbasis mobile pada mata pelajaran dasar desain grafis bermuatan problem based learning pada siswa Kelas X Pada Program Keahlian TKI di SMK serta menguji kelayakan bahan ajar sebagai suplemen pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Sadiman, langkah-langkah dimulai dari (1) analisa kebutuhan dan karakteristik siswa, (2) perumusan tujuan, (3) pengembangan materi pembelajaran, (4) perumusan alat pengukur keberhasilan, (5) penulisan dan implementasi naskah, (6) mengadakan tes atau uji coba (7) mengadakan revisi, (8) siap produksi. Uji coba kelayakan penelitian pengembangan akan dilakukan kepada siswa Kelas XI Program keahlian TKI di SMK Negeri 4 Malang yang sudah atau menjalani mata pelajaran Dasar Desain Grafis. Berdasarkan hasil data yang didapatkan dari uji coba responden one to one sebesar 86,42%, validasi materi dari ahli 87,90%, validasi media dari ahli 87,50%, uji coba kelompok kecil 87,81% dan uji coba lapangan 92,35% dapat dinyatakan aplikasi d-Graf sebagai bahan ajar interaktif berbasis mobile pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis termasuk dalam kategori sangat layak, artinya aplikasi d-Graf dapat manfaatkan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46522

Actions (login required)

View Item View Item