Perbedaan kreativitas belajar dasar desain grafis menggunakan pembelajaran PJBL berbasis GRASPS berbantuan modul digital dibandingkan berbantuan bahan ajar cetak pada siswa kelas X di SMK Islam Batu / Win Rizki Putra Gayo

Gayo, Win Rizki Putra (2018) Perbedaan kreativitas belajar dasar desain grafis menggunakan pembelajaran PJBL berbasis GRASPS berbantuan modul digital dibandingkan berbantuan bahan ajar cetak pada siswa kelas X di SMK Islam Batu / Win Rizki Putra Gayo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii ABSTRAK Gayo, Win Rizki P. 2018. Perbedaan Kreativitas Belajar Dasar Desain Grafis Menggunakan Pembelajaran PjBL Berbasis GRASPS Berbantuan Modul Digital Dibandingkan Berbantuan Bahan Ajar Cetak Pada Siswa Kelas X Di Smk Islam Batu. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Tri Atmadji S., M.Pd. Pembimbing (II) I Made Wirawan, S.T., S.S.T., M.T. Kata Kunci: Project Based Learning, GRASPS, Kreativitas Belajar, Dasar Desain Grafis Pembelajaran dasar desain grafis lebih banyak melakukan proses praktikum sehingga karakteristik dalam pembelajaran ini tentu membutuhkan kreativitas siswa. Banyaknya siswa yang meniru rancangan guru saat proses praktikum serta kurangnya variasi guru dalam penggunaan bahan ajar membuat siswa memiliki kreativitas yang kurang. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kreativitas belajar dasar desain grafis sesudah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbasis GRASPS berbantuan modul digital dibanding kreativitas belajar dasar desain grafis sesudah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbasis GRASPS berbantuan bahan ajar cetak pada siswa kelas X SMK Islam Batu. Penelitian ini menggunakan racangan eksperimen semu (Quasy-Experimental Design) dengan penerapan pretest-posttest. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kelas X TKJ berjumlah 15 siswa sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan penerapan modul digital menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbasis GRASPS dan kelas X RPL berjumlah 17 siswa diberi perlakuan penerapan bahan ajar cetak menggunakan Project Based Learning berbasis GRASPS. Uji hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan nilai probabilitas yang didapatkan sebesar 0,046 pada kelas eksperimen (X TKJ) dan 0,042 pada kelas kontrol (X RPL). Kesimpulan lain melalui penelitian ini, didapatkan hasil jika nilai rata-rata akhir setelah melakukan posttest adalah 80,27 pada kelas eksperimen dan 73,41 pada kelas kontrol. Dalam penelitian ini diambil kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran PjBL berbasis GRASPS berbantuan modul digital lebih berpengaruh dalam peningkatan kreativitas belajar dasar desain grafis siswa dibandingkan dengan menggunakan bahan ajar cetak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46521

Actions (login required)

View Item View Item