Perbedaan keaktifan dan hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe expert group dibandingkan think pair share berbantuan modul pembelajaran pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar kelas X TKJ di SMK Negeri 7 Malang / Salwatul 'Aisy

'Aisy, Salwatul (2018) Perbedaan keaktifan dan hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe expert group dibandingkan think pair share berbantuan modul pembelajaran pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar kelas X TKJ di SMK Negeri 7 Malang / Salwatul 'Aisy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii ABSTRAK Aisy, Salwatul. 2018. Perbedaan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Expert Group Dibandingkan Think Pair Share Berbantuan Modul Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Kelas X TKJ Di SMK Negeri 7 Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd. (II) M. Zainal Arifin, S.Si,. M.Kom. Kata Kunci: Expert Group, Think Pair Share, Keaktifan, Hasil Belajar. Dalam dunia pendidikan, keberadaan peran dan fungsi guru merupakan salah satu faktor yang sangat signifikan. Guru perlu memahami hal-hal yang mempengaruhi proses belajar siswa, salah satu yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa adalah faktor keaktifan belajar siswa, pemilihan model pembelajaran dan perangkat pembelajaran yang akan digunakan. Keaktifan siswa sangat diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar sehingga siswa harus lebih aktif, karena siswa sebagai subjek didik yang merencanakan dan ia sendiri yang melaksanakan belajar. Namun kenyataannya, siswa masih cenderung pasif dan pembelajaran hanya berpusat pada guru. Upaya pengelolaan keaktifan dan hasil belajar dapat dilakukan dengan menerapkan suatu model pembelajaran dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran expert group dan think pair share (TPS) dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keaktifan dan hasil belajar siswa ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan pada kelas yang belajar menggunakan model pembelajaran expert group dan think pair share (TPS) pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar kompetensi menerapkan pengalamatan IP. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan pretest-posttest control group design. Desain penelitian ini menggunakan dua kelas, kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran expert group dan kelas kontrol diterapkan model pembelajaran think pair share (TPS), Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t dan uji anova dua jalur. Hasil penelitian, dilihat dari uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ranah pengetahuan (sig.0,011<0,05), sikap (sig.0,029<0,05), keterampilan (sig. 0,002<0,05), keaktifan belajar (sig. 0,004 < 0,05) dan uji anova menunjukkan tidak terdapat perbedaan hasil belajar ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa yang memiliki keaktifan tinggi dan keaktifan rendah yang diajar menggunakan model pembelajaran expert group dan think pair share (TPS). Kesimpulan dari penelitian yaitu terdapat perbedaan keaktifan dan hasil belajar ranah kognitif, afektif, psikomotorik yang signifikan antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran expert group dengan yang belajar dengan model pembelajaran think pair share (TPS) dan tidak terdapat perbedaan hasil belajar ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa yang memiliki keaktifan tinggi dan keaktifan rendah yang belajar dengan model expert group dan think pair share (TPS).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46516

Actions (login required)

View Item View Item