Pengembangan Modul Pembelajaran Bermuatan Project Based Learning Pemrograman Dasar Untuk Kelas X RPL SMK Turen / Fajiria Koniek Intansari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Modul Pembelajaran Bermuatan Project Based Learning Pemrograman Dasar Untuk Kelas X RPL SMK Turen / Fajiria Koniek Intansari

Intansari, Fajiria Koniek (2018) Pengembangan Modul Pembelajaran Bermuatan Project Based Learning Pemrograman Dasar Untuk Kelas X RPL SMK Turen / Fajiria Koniek Intansari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Turen pada mata pelajaran Pemrograman Dasar masih menggunakan cara konvesional dan materi pembelajaran disampaikan sesuai bab yang sudah ditentukan tanpa adanya modul pembelajaran khusus sebagai pegangan guru maupun siswa. Kurikulum 2013 menuntut adanya pembelajaran mandiri oleh siswa guna meningkatkan kemampuan siswa. Sehingga perlu adanya modul Pemrograman Dasar yang dapat dijadikan bahan ajar untuk pegangan siswa dan guru guna meningkatkan efektivitas dan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran. Setelah mengamati hasil observasi yang dilakukan di kelas X RPL SMK Turen serta menelaah mata pelajaran Pemrograman Dasar maka metode pembelajaran yang paling sesuai adalah Project Based Learning yang mengacu pada model pengembangan Sugiyono Urutan dalam mengembangkan bahan ajar dapat diasumsikan sebagai berikut 1). Potensi dan Masalah 2). Pengumpulan Data 3). Desain Produk 4). Validasi Desain 5). Revisi Desain 6). Uji Coba Produk 7). Revisi Produk 8). Uji coba pemakaian 9). Revisi Produk 10). Produk Masal Hasil penelitian yang telah dilakukan kepada ahli dan uji coba siswa. Dari ahli media didapatkan nilai rata rata 89 75% sedangkan untuk ahli materi didapatkan nilai rata-rata 89 90%. Uji coba skala kecil diambil dari 8 siswa yang diambil secara acak didapatkan nilai rata-rata 88 79% kemudian dalam uji coba skala besar atau pemakaian dari yang terdiri dari 36 siswa didapatkan nilai rata-rata 88 87%. Secara keseluruhan bahan ajar ini dikatakan valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran kelas X RPL Semester Ganjil di SMK Turen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46515

Actions (login required)

View Item View Item