Perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif sistem komputer karena pengaruh penerapan model contextual teaching and learning dibandingkan model examples non examples pada siswa kelas X TKJ di SMKN 11 Malang / Singgih Adie Kurniawan

Kurniawan, Singgih Adie (2018) Perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif sistem komputer karena pengaruh penerapan model contextual teaching and learning dibandingkan model examples non examples pada siswa kelas X TKJ di SMKN 11 Malang / Singgih Adie Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Kurniawan, S. A. 2018. Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Sistem Komputer Karena Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Dibandingkan Model Examples Non Examples Pada Siswa Kelas X TKJ Di SMKN 11 Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ir. Syaad Patmanthara, M.Pd., (II) Dila Umnia Soraya, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning; Examples Non Examples, Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif, Sistem Komputer Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar siswa, guru dituntut untuk mampu memahami berbagai faktor dan kondisi yang dapat mempengaruhi keberhasilan susatu proses pembelajaran. Termasuk salah satu faktor adalah kemampuan berpikir kritis dari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif mata pelajaran sistem komputer pada kelas eksperimen yang menggunakan model Contextual Teaching and Learning dan kelas kontrol yang menggunakan model Examples Non Examples di kela X TKJ SMKN 11 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian experimental semu (Quasy Experimental Design) dengan pola postest only control design. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kemampuan awal siswa sebelum adanya perlakuan, nilai rata- ratanya di bawah KKM (75), yaitu sebesar 67,26 pada kelas eksperimen dan 67,57 pada kelas kontrol, (2) Kemampuan akhir siswa setelah diberi perlakuan dengan model CTL dan model examples non examples, mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 89,16 pada kelas eksperimen dan 83,90 pada kelas kontrol, (3) Terdapat perbedaan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa setelah diberi perlakuan, dimana kelas eksperimen sebanyak 29% siswa berkemampuan sangat tinggi, 10% siswa berkemampuan tinggi, 42% siswa berkemampuan sedang, 6% berkemampuan rendah dan 13% sangat rendah, sedangkan di kelas kontrol sebanyak 7% siswa berkemampuan sangat tinggi, 20% siswa berkemampuan tinggi, 23% siswa berkemampuan sedang, 20% berkemampuan rendah dan 30% sangat rendah, (4) Ada perbedaan signifikan pada hasil belajar kognitif antara kelas eksperimen yang menggunakan model contextual teaching and learning, dengan kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model examples non examples. Perolehan nilai sig.(2-tailed) dari Uji T sebesar 0,002, dimana nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05 atau (0,002 < 0,05). Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46509

Actions (login required)

View Item View Item