Perbedaan kemandirian dan hasil belajar pemrograman dasar karena penerapan model pembelajaran quick on the draw dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan modul pada siswa kelas XI di SMKN 12 Malang / Rifqi Ni'matul Maula

Maula, Rifqi Ni'matul (2018) Perbedaan kemandirian dan hasil belajar pemrograman dasar karena penerapan model pembelajaran quick on the draw dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan modul pada siswa kelas XI di SMKN 12 Malang / Rifqi Ni'matul Maula. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iii ABSTRAK Maula, Rifqi NiÔÇÖmatul. 2018. Perbedaan Kemandirian dan Hasil Belajar Pemrograman Dasar karena Penerapan Model Pembelajaran Quick On The Draw Dibandingkan dengan Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Modul pada Siswa Kelas XI di SMKN 12 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd., (II) Dila Umnia Soraya, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Kemandirian Belajar,Hasil Belajar, Model Pembelajaran Quick On The Draw, Discovery Learning, Pemrograman Dasar. Pembelajaran di sekolah pada awalnya menggunakan model Discovery Learning. Hal tersebut dianggap sebagai penyebab siswa kurang mandiri dan hasil belajar kurang maksimal dalam pembelajaran sehingga diperlukan alternatif lain untuk menumbuhkan hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemandirian, hasil belajar ranah pengetahuan dan ranah keterampilan pemrograman dasar antara model pembelajaran Quick On The Draw Dibandingkan dengan Discovery Learning Berbantuan Modul Pada Siswa Kelas XI di SMKN 12 Malang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Variabel yang digunakan adalah variabel bebas yang berupa dua model pembelajaran yakni Quick On The Draw diberikan pada kelas eksperimen dan Discovery Learning pada kelas kontrol, serta variabel terikat berupa kemandirian dan hasil belajar siswa ranah pengetahuan, serta ranah keterampilan. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI RPL sebagai kelas kontrol dan MM sebagai kelas eksperimen di SMKN 12 Malang. Rata-rata kemandirian belajar siswa setelah diberikan perlakuan yakni, kelas XI RPL sebesar 84,4 dan kelas MM sebesar 79,3. Rata-rata hasil belajar ranah pengetahuan setelah diberikan perlakukan yakni, kelas RPL sebesar 83,9 dan kelas MM sebesar 77,9. Serta rata-rata hasil belajar ranah keterampilan setelah diberikan perlakuan yakni, kelas RPL sebesar 84,3 dan kelas MM 80,1. Hasil Uji-t menunjukkan bahwa kemandirian belajar dengan lembar observasi dan angket memperoleh nilai 0.000, hasil belajar ranah pengetahuan memperoleh nilai 0.000, dan ranah keterampilan memperoleh nilai 0.006. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa berdasarkan rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan kelas kontrol dalam kemandirian dan hasil belajar serta berdasarkan Uji-t yang diperoleh terdapat perbedaan kemandirian dan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46508

Actions (login required)

View Item View Item