Pengaruh sistem pembelajaran full day school dan kompetensi guru terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Produktif kelas X Jurusan Multimedia SMKN 5 Malang / Farida Nur Hidayah

Hidayah, Farida Nur (2018) Pengaruh sistem pembelajaran full day school dan kompetensi guru terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Produktif kelas X Jurusan Multimedia SMKN 5 Malang / Farida Nur Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hidayah, Farida Nur, 2018. Pengaruh Sistem Pendidikan Full Day School dan Kompetensi Guru Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Produktif Kelas X Multimedia SMKN 5 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd. (II) Triyana Widyaningtyas, S.T., M.T. Kata kunci : Sistem Pembelajaran Full Day School, Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Dalam penerapan sistem pembelajaran full day school terdapat beberapa permasalahan yaitu kompetensi seorang guru dalam penyampaian pembelajaran masih menggunakan model yang kurang variatif sehingga membuat siswa susah termotivasi dalam belajar. Siswa merasa pengaturan jadwal mata pelajaran yang belum seimbang. Siswa mengalami kesulitan saat ujian dilaksanakan karena banyak materi yang kurang dimengerti dan mengakibatkan hasil belajar siswa tidak sesuai dengan tujuan belajar yang diinginkan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari sistem pembelajaran full day school dan kompetensi guru terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional dengan kendekatan kuantitatif dimana penelitian ini bersifat korelasional. Penelitian ini dilakukan pada siswa program keahlian Multimedia di SMKN 5 Malang dengan jumlah sampel sebanyak 84 siswa. Untuk mengukur sistem pembelajaran full day school, kompetensi guru, dan motivasi belajar digunakan angket tertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi parsial dan simultan (regresi ganda). Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS IBM SPSS Statistic v22. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) sistem pembelajaran full day school yang diterapkan sudah berjalan dengan baik, kompetensi yang dimiliki guru sudah baik, motivasi belajar siswa terhadap proses pembelajaran sudah baik, dan hasil belajar siswa yang diperoleh sudah cukup baik; 2) terdapat pengaruh signifikan antara full day school terhadap motivasi belajar siswa; 3) terdapat pengaruh signifikan antara kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa; 4) terdapat pengaruh signifikan antara full day school terhadap hasil belajar siswa; 5) terdapat pengaruh signifikan kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa; 6) terdapat pengaruh signifikan full day school dan kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa; 7) terdapat pengaruh signifikan full day school dan kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa. v

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46507

Actions (login required)

View Item View Item