Perbedaan keaktifan dan hasil belajar komputer dan jaringan dasar karena penerapan model pembelajaran problem solving dibandingkan dengan model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas X di SMK Islam 1 Blitar / Redna Ambar Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan keaktifan dan hasil belajar komputer dan jaringan dasar karena penerapan model pembelajaran problem solving dibandingkan dengan model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas X di SMK Islam 1 Blitar / Redna Ambar Sari

Sari, Redna Ambar (2018) Perbedaan keaktifan dan hasil belajar komputer dan jaringan dasar karena penerapan model pembelajaran problem solving dibandingkan dengan model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas X di SMK Islam 1 Blitar / Redna Ambar Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Redna Ambar. 2018. Perbedaan Keaktifan dan Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar karena Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dibandingkan dengan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Siswa Kelas X di SMK Islam 1 Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (2) Dila Umnia Soraya S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Keaktifan Hasil Belajar Problem Solving Discovery Learning Komputer dan Jaringan Dasar Guru memiliki peranan penting dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa sehingga untuk meningkatkannya dilakukan dengan cara memperbaiki model pembelajaran yang diterapkan. Terdapat beberapa permasalahan yang terjadi pada pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar antara lain (1) penerapan model pembelajaran yang digunakan belum terlaksana dengan sebagaimana mestinya (2) ketika proses pembelajaran berlangsung siswa kurang memperhatikan guru (3) siswa sibuk sendiri yaitu bermain handphone bergurau dan melakukan aktivitas lainnya (4) siswa kurang aktif dalam bertanya dan mengemukakan pendapat (5) hasil belajar peserta didik masih banyak yang di bawah KKM yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat keaktifan belajar siswa rata-rata hasil belajar siswa ranah kognitif dan ranah psikomotor. Rancangan dalam penelitian menggunakan metode Quasy Experiment dengan desain penelitian Posttest Only Design yang melibatkan kelas Eksperimen dan kelas Kontrol. Subjek penelitian berjumlah 65 siswa yang terbagi dua kelas yaitu kelas X TKJ 1 sebagai kelas ekperimen dengan model Discovery Learning dan kelas X TKJ 3 kelas kontrol dengan model Problem Solving. Uji prasyarat menunjukkan data keaktifan dan hasil belajar terdistribusi normal dan homogen. Uji-t menunjukkan keaktifan belajar dan hasil belajar dari kedua kelas memiliki perbedaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata keaktifan belajar kelas ekperimen 69 88 dan kelas kontrol 67 50 (2) rata-rata hasil belajar ranah kognitif kelas eksperimen 84 39 dan kelas kontrol 78 22 serta rata-rata hasil belajar ranah psikomotor kelas eksperimen 81 09 dan kelas kontrol 76 34 (3) terdapat perbedaan yang signifikan tingkat keaktifan belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol (4) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa ranah kognitif kelas eksperimen dan kelas kontrol (5) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa ranah psikomotor kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46506

Actions (login required)

View Item View Item