Pengembangan bahan ajar digital mata pelajaran pemrograman web bermuatan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman pada siswa Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak kelas XI di SMKN 2 Singosari / Putri Eka Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar digital mata pelajaran pemrograman web bermuatan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman pada siswa Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak kelas XI di SMKN 2 Singosari / Putri Eka Puspitasari

Puspitasari, Putri Eka (2018) Pengembangan bahan ajar digital mata pelajaran pemrograman web bermuatan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman pada siswa Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak kelas XI di SMKN 2 Singosari / Putri Eka Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii ABSTRAK Puspitasari Putri Eka. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Digital Mata Pelajaran Pemrograman Web Bermuatan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Pemahaman Siswa Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak pada siswa di SMKN 2 Singosari. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (2) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom. Kata Kunci Bahan Ajar Pemrograman Web Problem Based Learning ADDIE. Salah satu mata pelajaran yang memiliki peranan penting di program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah Pemrograman Web. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMKN 2 Singosari didapatkan bahwa bahan ajar yang tersedia sudah cukup banyak seperti BSE buku cetak dan modul. Namun bahan ajar tersebut masih banyak yang berbasis teks (text based) media simulasi untuk membiasakan siswa mencoba dan mengimplementasikan bahasa pemrograman web dirasa masih kurang. Minimnya bahan ajar berdampak pada siswa dimana saat proses pembelajaran siswa menjadi pasif. Hal tersebut dilihat dari intensitas bertanya akan materi yang belum siswa pahami. Selain itu beberapa siswa saat ditanya tidak mau menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru sehingga menjadi salah satu penyebab kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Hal ini dibuktikan dari data nilai ulangan yang menunjukkan hasil belajar siswa masih banyak yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 75. Terdapat 2 siswa dari 28 siswa di kelas XI RPL1 atau sebesar 7% yang telah mencapai KKM. Hal ini menunjukkan hasil belajar (ranah kognitif) siswa masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar digital pemrograman web bermuatan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keaktifan pada siswa kelas XI RPL di SMKN 2 Singosari yang layak/valid menurut kriteria kelayakan media pembelajaran. Tahapan penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah tahapan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan (1) analisis (2) perancangan (3) pengembangan (4) implementasi dan (5) evaluasi. Berdasarkan hasil validasi diperoleh hasil nilai rata-rata validasi ahli media sebesar 90% dan ahli materi sebesar 89 6%. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahan ajar yang digunakan valid dan sangat layak digunakan. Pada pemahaman siswa menunjukkan peningkatan dari nilai rata-rata pretest sebesar 53 77% dan nilai rata-rata posttest sebesar 77 04%. Pada keaktifan siswa juga menunjukkan peningkatan nilai rata-rata pada dari 78 69% menjadi 82 27%. Hal tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis web yang dikembangkan layak/valid dan efisien digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman dan keaktifan siswa pada mata pelajaran pemrograman web.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46505

Actions (login required)

View Item View Item