Pemetaan keterserapan lulusan kompetensi keahlian RPL pada industri perangkat lunak bagi siswa SMK di Kota Malang / Dita Larasati

Larasati, Dita (2018) Pemetaan keterserapan lulusan kompetensi keahlian RPL pada industri perangkat lunak bagi siswa SMK di Kota Malang / Dita Larasati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Larasati, Dita. 2018. Pemetaan Keterserapan Lulusan Kompetensi Keahlian RPL Pada Industri Perangkat Lunak Bagi Siswa SMK di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Wahyu Sakti G.I., M.Kom. (II) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom. Kata Kunci : Keterserapan, Lulusan Kompetensi Keahlian RPL, Industri Perangkat Lunak Indonesia memiliki pola pendidikan formal yang diselenggarakan secara berjenjang, pada jenjang pendidikan menengah ke atas pemerintah menetapkan dua kelompok besar yakni pendidikan umum (SMA/MAN) dan pendidikan kejuruan (SMK/MAK). Keberadaan SMK diasumsikan bahwa lulusannya mampu untuk mengembangkan kecakapan dan keterampilan kerja serta dapat mencetak lulusan yang siap kerja di bidangnya, namun tidak semua dapat terserap lapangan kerja yang sesuai dengan kompetensi keahlian yang telah ditekuni semasa SMK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterserapan lulusan kompetensi keahlian RPL Pada Industri Perangkat Lunak Bagi Siswa SMK di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian survei. Populasi pada penelitian ini adalah lulusan Kompetensi Keahlian RPL SMK Negeri Kota Malang pada tahun ajaran 2014/2015 sampai 2016/2017 dan Industri Perangkat Lunak di Kota Malang. Sampel penelitian untuk lulusan diambil menggunakan teknik proporsional stratified random sampling sebanyak 283 orang dan untuk Industri Perangkat Lunak menggunakan teknik sampel jenuh sebanyak 20 industri. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu metode angket, metode pengamatan/observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa lulusan kompetensi keahlian RPL SMK Negeri di Kota Malang yang dapat terserap di dunia kerja hanyalah sebanyak 46.6% lulusan. Dari seluruh responden yang bekerja yang dapat terserap di Industri Perangkat Lunak hanya sebesar 11.4%. Tuntutan dunia industri perangkat lunak terhadap produk SMK dengan kompetensi keahlian RPL semakin meningkat terutama dalam hal yang berkaitan dengan kualitas dan kemampuan lulusan, sehingga lulusan SMK dengan kompetensi keahlian RPL pada beberapa kompetensi belum memiliki tingkatan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri. Karena kurikulum SMK dan SKKNI yang telah ditetapkan oleh pemerintah rata-rata hanya berada pada tingkatan Beginning dan Intermediate namun kebutuhan Industri Perangkat Lunak berada pada tingkatan Advance.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46504

Actions (login required)

View Item View Item