Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Dibandingkan Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Buku Digital Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X Program Keahlian TKJ di SMKN 10 Malang / Widya Ayu Kusumaning Ratri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Dibandingkan Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Buku Digital Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X Program Keahlian TKJ di SMKN 10 Malang / Widya Ayu Kusumaning Ratri

Ratri, Widya Ayu Kusumaning (2018) Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Dibandingkan Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Buku Digital Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X Program Keahlian TKJ di SMKN 10 Malang / Widya Ayu Kusumaning Ratri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ratri Widya Ayu Kusumaning. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Dibandingkan Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Buku Digital Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X Program Keahlian TKJ di SMKN 10 Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Ir.H.Syaad Patmanthara M.Pd. (II) M. Zainal Arifin S.Si. M.Kom. Kata kunci CPS PBL Kemampuan Memecahkan Masalah Buku Digital Pemrograman Dasar Siswa yang memiliki kemampuan memecahkan masalah yang baik akan lebih mudah dalam menemukan solusi dari permasalahan yang diberikan oleh guru. Melalui latihan memecahkan masalah siswa tersebut akan belajar mengorganisasikan waktu dan kemampuannya dalam menyusun strategi yang sesuai untuk menyelesaikan masalah yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan signifikansi perbedaan dalam ranah kognitif pada siswa yang diberikan perlakuan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan buku digital dibandingkan siswa yang diberikan perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan buku digital terhadap kemampuan memecahkan masalah pada mata pelajaran pemrograman dasar pada kelas X program keahlian TKJ di SMKN 10 Malang. Rancangan penelitian ini termasuk pada jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan pola posttest only control group desain. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas X TKJ 2 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model CPS berbantuan buku digital dan siswa kelas X TKJ 3 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan PBL berbantuan buku digital. Hasil Uji-t menunjukkan hawa nilai posttest adalah 0 003 dimana 0 003 0 05 yang menunjukkan hawa ada perbedaan kemampuan memecahkan masalah antara siswa yang diberi perlakuan model CPS dan PBL. Hasil penelitian yang telah dilakukan juga dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu (1) nilai rata-rata yang diperoleh kelas X TKJ 2 (79 48) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas X TKJ 3 (73 8) dan (2) hasil perhitungan nilai ternormalisasi (n-gain score) pada kelas X TKJ 2 (0 45) memiliki peningkatan kemampuan memecahkan masalah lebih tinggi dibandingkan dengan kelas X TKJ 3 (0 25). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran CPS berpengaruh lebih tinggi dalam meingkatkan kemampuan memecahkan masalah mata pelajaran pemrograman dasar daripada penerapan model pembelajaran PBL berbantuan buku digital. Saran yang dianjurkan dalam penelitian ini adalah model CPS berbantuan buku digital dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada pemrograman dasar dan untuk peneliti selanjutnya dapat mengukur dari ranah psikomotorik dengan menggunakan model pembelajaran CPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46501

Actions (login required)

View Item View Item