Pengembangan bahan ajar cetak dengan menggunakan model discovery learning untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar kelas X Program Keahlian TKJ di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Ria Devita Meidy

Meidy, Ria Devita (2018) Pengembangan bahan ajar cetak dengan menggunakan model discovery learning untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar kelas X Program Keahlian TKJ di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Ria Devita Meidy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Ria Devita Meidy. 2018. ÔÇ£Pengembangan Bahan Ajar Cetak dengan Menggunakan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar kelas X Program Keahlian TKJ di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen ÔÇØ. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Kata kunci : Bahan Ajar, Discovery Learning,Komputer dan Jaringan Dasar, Minat Belajar Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti yang berupa wawancara dengan guru pengajar mata pelajaran Komputer dan Jaringan dasar di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Beberapa permasalahan yang terjadi saat proses pembelajaran dikelas, antara lain : (1) proses pembelajaran yang terjadi berupa teacher center, (2) siswa sulit memahami pelajaran, (3) siswa kurang tertarik dengan media pembelajaran dan model pembelajaran yang diterapkan. Unuk mengatasi masalah tersebut diperlukan bahan ajar yang sesuai, sehingga siswa dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran. Bahan ajar cetak dengan memanfaatkan model pembelajaran Discovery Learning menjadi solusi permasalaha tersebut, dengan menggunakan bahan ajar cetak dengan memanfaatkan model Discovery learning siswa dapat belajar dengan proses pembelajaran yang berbeda. Tujuan dari produk ini adalah : (1) merancang pembuatan Buku Ajar Komputer dan Jaringan Dasar dengan menggunakan Model discovery Learning, (2) mengembangkan bahan ajar Komputer dan Jaringan Dasar, (3) menguji tingkat kelayakan Buku Ajar Komputer dan Jaringan Dasar dengan menggunakan Model Discovery Learning sebagai bahan ajar dalam mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar kelas X program keahlian TKJ. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari langkah-langkah penelitian dan pengembangan (RnD) dengan melakukan sedikit modifikasi. Seluruh proses pengembangan terbagi dalam 10 langkah yakni : (1) masalah dan potensi, (2) pengumpulan data, (3) pengembangan produk, (4) validasi ahli materi dan ahli media, (5) revisi produk, (6) uji kelompok kecil, (7) revisi produk, (8) Uji coba kelompok besar, (9) revisi produk, (10) produksi Produk. Hasil penelitian dan pengembangan Buku Ajar Cetak Komputer dan Jaringan Dasar dengan model Discovery Learning yang telah dikembangkan dan divalidasi oleh beberapa ahli yaitu: (1) ahli materi diperoleh 94,1%, (2) ahli media diperoleh 93,54%, (3) uji coba kelompok kecil diperoleh 80,4%, (4) uji coba kelompok besar diperoleh 91,96%, dan rata-rata keseluruhan diperoleh 90,79%. Berdasarkan hasil validasi tersebut dapat dikatakan bahwa Bahan Ajar Cetak Komputer dan Jaringan Dasar Layak digunakan pada proses pembelajaran di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, khususnya pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar kelas X program keahlian TKJ.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46500

Actions (login required)

View Item View Item