Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pelajaran perakitan komputer kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Islam 1 Blitar / Adam Abhi N.

Abhi N., Adam (2018) Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pelajaran perakitan komputer kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Islam 1 Blitar / Adam Abhi N. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK N, Adam Abhi. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pelajaran Perakitan Komputer Kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK Islam 1 Blitar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Eng Muhammad Ashar, S.T., M.T. (II) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd. Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, augmented reality, perakitan komputer. Pelajaran Perakitan Komputer pada siswa SMK Jurusan TKJ merupakan pelajaran dasar wajib pada kompetensi keahlian mereka. Pada pelajaran teori, guru menjelaskan piranti yang digunakan pada jaringan komputer dengan metode ceramah dan pemberian tugas melalui internet. Pendekatan yang dilakukan kurang efektif dikarenakan siswa tidak mengamati bentuk piranti dengan utuh. Dengan terbatasnya sarana dan prasarana yang dimiliki, pengembangan bahan ajar berbasis augmented reality hadir sebagai solusi untuk memvisualisasikan piranti yang dipelajari dengan bentuk tiga dimensi. Pengembangan yang dilakukan pada penelitian ini adalah merancang produk perangkat lunak berbasis mobile sebagai media pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ADDIE. Langkah pada pengembangan ADDIE, yaitu: (1) Analyze, (2) Design, (3) Develop (4) Implementation dan (5) Evaluation. Sebelum media pembelajaran di implementasikan, dilakukan validasi dan uji coba untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran ini. Validasi dilakukan oleh ahli media dan uji coba dilakukan oleh peserta didik. Berdasarkan dari hasil uji coba yang telah dilakukan menggunakan angket, hasil yang diperoleh yaitu 86,1% dari review ahli dan 86,2% dari uji coba lapangan. Hasil analisis seluruh data diperoleh nilai rata-rata sebesar 86,1%. Sehingga dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Pelajaran Perakitan Komputer Kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK Islam 1 Blitar dinyatakan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46499

Actions (login required)

View Item View Item