Pengembangan bahan ajar digital komposisi foto digital bermuatan Creative Problem Solving (CPS) untuk menumbuhkan keaktifan siswa kelas XI Program Keahlian Multimedia di SMK Negri 5 Malang / Ana Putri Anggraeni

Anggraeni, Ana Putri (2018) Pengembangan bahan ajar digital komposisi foto digital bermuatan Creative Problem Solving (CPS) untuk menumbuhkan keaktifan siswa kelas XI Program Keahlian Multimedia di SMK Negri 5 Malang / Ana Putri Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraeni, Ana Putri. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Digital Komposisi Foto Digital Bermutan Creative Problem Solving (CPS) untuk Menumbuhkan Keaktifan Siswa Kelas XI Program Keahlian Multimedia di SMK Negeri 5 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Ir. Syaad Patmanthara, M.Pd., (2) Dila Umnia Soraya,S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: CPS, Bahan Ajar,Komposisi Foto Digital Mata pelajaran Komposisi Foto Digital adalah dasar untuk pembelajaran pengolahan gambar diam dan gambar bergerak. Sehingga apabila kompetensi ini tidak dikuasai akan menyulitkan siswa untuk memahami mata pelajaran lain dan berhubungan dengan pembelajaran pengolahan gambar. Oleh karena itu, siswa dituntut untuk aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan di SMK Negeri 5 Malang, faktor penyebab rendahnya keaktifan siswa kelas XI pada mata pelajaran Komposisi Foto Digital antara lain, tingkat pemahaman siswa, metode dan media pembelajaran yang digunakan, serta tidak adanya sumber belajar bagi siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan sebuah bahan ajar digital yang dapat menarik perhatian siswa dan diharapkan mampu menumbuhkan keaktifan siswa. Tujuan dari penelitian dan pengembangan merancang, dan menguji validitas dari konten maupun media serta menguji kelayakan bahan ajar digital dengan melakukan uji coba kelompok sekaligus mengamati keaktifan siswa dalam menggunakan bahan ajar digital. Model penelitian yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) analysis; (2) design; (3) development; (4) implementation; dan (5) evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan lembar observasi. Validasi ahli dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Ujicoba kelompok dilakukan dalam 2 bentuk kelompok yaitu ujicoba kelompok kecil sebanyak 10 siswa dan uji coba kelompok besar sebanyak 33 siswa. Berdasarkan hasil validasi ahli, diperoleh persentase validitas menurut ahli materi sebesar 83,26% dan persentase validitas menurut ahli media sebesar 87,29%. Sedangkan untuk ujicoba kelompok, diperoleh persentase hasil ujicoba kelompok kecil sebesar 74,82% dan ujicoba kelompok besar sebesar 86,34%. Berdasarkan hasil tersebut, maka secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar digital komposisi foto digital ini sangat valid, layak digunakan serta bahan ajar digital mampu menumbuhkan keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46498

Actions (login required)

View Item View Item