Pengembangan modul ajar digital sistem operasi berbantuan project based learning di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Muhamad Ainurrahman

Ainurrahman, Muhamad (2018) Pengembangan modul ajar digital sistem operasi berbantuan project based learning di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Muhamad Ainurrahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ainurrahman, Muhamad. 2018. Pengembangan Modul Ajar Digital Sistem Operasi Berbantuan Project Based Learning di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi, S1 Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd. (II) M. Zainal Arifin, S.Si., M.Kom. Kata Kunci: bahan ajar, modul ajar digital, sistem operasi. Sistem operasi merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di lapangan diperoleh informasi bahwa pembelajaran sistem operasi dikelas masih menggunakan media konvensional seperti handout. Handout tersebut masih bersifat sajian informative dan masih kurang bervariasi sehingga belum begitu mampu menarik minat mahasiswa untuk memahami materi. Akibatnya proses pembelajaran menjadi terhambat dan mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami materi. Oleh sebab itu seharusnya ada alternatif media pembelajaran yang mampu menarik minat mahasiswa untuk membaca dan menggunakan media pembelajaran tersebut. Guna menarik minat baca mahasiswa perlu dibuat media pembelajaran yang menarik, baik dari sisi visual maupun penggunaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendesain, membuat dan mengetahui kelayakan modul ajar digital. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembagan DDD-E. Adapun langkah-langkahnya yakni: (1) decide, (2) design, (3) develop, dan evaluate. Produk yang telah dikembangkan ini telah divalidasi dari sisi materi dengan perolehan persentase rata-rata sebesar 98,33% dan validasi media memperoleh hasil persentase sebesar 88,04%. Sedangkan untuk uji coba kelompok kecil dengan jumlah responden sebanyak lima orang mahasiswa memperoleh hasil persentase sebesar 88,25%. Uji lapangan dengan jumlah responden sebesar 30 orang mahasiswa memperoleh persentase rata-rata sebesar 88,46%. Dari hasil uji coba rata-rata persentase gabungan yang didapat adalah 90,77%. Berdasarkan tabel validasi dan kelayakan dari Akbar (2015) dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memiliki kategori sangat layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46494

Actions (login required)

View Item View Item