Perbedaan motivasi dan hasil belajar komputer dan jaringan dasar karena pengaruh penerapan metode problem solving berbantuan sumber belajar internet dan metode problem solving berbantuan modul ajar teks pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Bondowoso / Aldion Biran Fachrezy - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan motivasi dan hasil belajar komputer dan jaringan dasar karena pengaruh penerapan metode problem solving berbantuan sumber belajar internet dan metode problem solving berbantuan modul ajar teks pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Bondowoso / Aldion Biran Fachrezy

Fachrezy, Aldion Biran (2018) Perbedaan motivasi dan hasil belajar komputer dan jaringan dasar karena pengaruh penerapan metode problem solving berbantuan sumber belajar internet dan metode problem solving berbantuan modul ajar teks pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Bondowoso / Aldion Biran Fachrezy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii ABSTRAK Fachrezy Aldion Biran. 2018. Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Karena Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving Berbantuan Sumber Belajar Internet dan Metode Problem Solving Berbantuan Modul Ajar Teks Pada Siswa Kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Bondowoso. Skripsi S1 Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Setiadi Cahyono Putro M.Pd. M.T. (II) Triyanna Widiyaningtyas S.T. M.T. Kata Kunci motivasi belajar hasil belajar problem solving sumber belajar internet dan modul ajar teks. Penggunaan sumber belajar sangat penting dalam proses pembelajaran di kelas sumber belajar dapat mempengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa. Dari masalah tersebut maka dilakukan penelitian Perbedaan Motivasi (Y1) dan Hasil Belajar (Y2) Karena Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving Berbantuan Sumber Belajar Internet (X1) dan Metode Problem Solving Berbantuan Modul Ajar Teks (X2) .Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) mendeskripsikan Y1 menggunakan X1 (2) mendeskripsikan Y1 menggunakan X2 (3) mendeskripsikan Y2 menggunakan X1 (4) mendeskripsikan Y2 menggunakan X2 (5) mengetahui perbedaan Y2 antara siswa yang menggunakan X1 dan X2 (5) mengetahui perbedaan Y1 antara siswa yang menggunakan X1 dan X2 dan (6) mengetahui perbedaan Y2 antara siswa yang menggunakan X1 dan X2 Jenis penelitian yakni eksperimen semu (quasi experiment) dan termasuk penelitian kuantitatif dengan desain post only group design. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Bondowoso angkatan 2017/2018. Sampel dibagi menjadi dua kelas kelas X TKJ 1 mendapat perlakuan metode problem solving berbantuan sumber belajar internet dan kelas X TKJ 2 mendapat perlakuan metode problem solving berbantuan modul ajar teks. Analisis data dengan melakukan uji hipotesis perbedaan model dengan uji-t menggunakan teknik Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) nilai Y1 siswa kelas X TKJ 1 menunjukkan 80% termasuk kategori sedang dan 20% termasuk kategori tinggi (2) nilai Y1 siswa kelas X TKJ 2 menunjukkan 62 8% termasuk kategori sedang dan 37 2% termasuk kategori tinggi (3) nilai Y2 siswa kelas X TKJ 1 menunjukkan 25 7% termasuk kategori sedang dan 74 3% termasuk kategori tinggi (4) nilai Y2 siswa kelas X TKJ 2 menunjukkan 8 6% termasuk kategori sedang dan 91 4% termasuk kategori tinggi (5) signifikansi Y1 sebesar 0 283 0 05 dan (6) signifikansi Y2 sebesar 0 020 0 05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) rata-rata Y1 siswa dengan perlakuan X1 sebesar 130 886 dengan nilai terendah 106 dan nilai tertinggi 159 (2) rata-rata Y1 siswa dengan perlakuan X2 sebesar 135 257 dengan nilai terendah 110 dan nilai tertinggi 167 (3) rata-rata Y2 siswa dengan perlakuan X1 sebesar 71 43 dengan nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 84 (4) rata-rata Y2 siswa dengan perlakuan X2 sebesar 75 54 dengan nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 88 (5) tidak terdapat perbedaan Y1 yang signifikan antara siswa yang menggunakan X1 dan X2 dan (6) terdapat perbedaan Y2 yang signifikan antara siswa yang menggunakan X1 dan X2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46493

Actions (login required)

View Item View Item