Pengembangan sumber belajar basis data bermuatan conceptual learning untuk meningkatkan pemahaman konsep dan menumbuhkan kemandirian belajar siswa pada kelas X Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di SMK PGRI 3 Malang / Azzhan Shahrul - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sumber belajar basis data bermuatan conceptual learning untuk meningkatkan pemahaman konsep dan menumbuhkan kemandirian belajar siswa pada kelas X Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di SMK PGRI 3 Malang / Azzhan Shahrul

Shahrul, Azzhan (2018) Pengembangan sumber belajar basis data bermuatan conceptual learning untuk meningkatkan pemahaman konsep dan menumbuhkan kemandirian belajar siswa pada kelas X Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di SMK PGRI 3 Malang / Azzhan Shahrul. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Shahrul Azzhan. 2018. Pengembangan Sumber Belajar Basis Data Bermuatan Conceptual Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Menumbuhkan Kemandirian Belajar pada Siswa Kelas X Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK PGRI 3 Malang. Skripsi Jurusan Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muladi. S.T. M.T. (2) Triyanna Widiyaningtyas S.T. M.T. Kata Kunci Pengembangan Sumber Belajar Basis Data Conceptual Learning. Basis Data yang merupakan Mata pelajaran wajib bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah Sebuah tempat penyimpanan yang memiliki kapasitas penyimpanan yang besar yang di dalamnnya terdapat kumpulan data yang tidak hanya berisi data operasional tetapi juga deskripsi data yang dapat digunakan secara bersamaan oleh banyak departemen dan pengguna. Mata pelajaran Basis Data menunjang siswa untuk membangun mengatur dan memanipuasi data yang berupa informasi gambar video audio dan kombinasi dari yang disimpan dalam media elektronik dan diolah sedemikian rupa agar dapat digunakan dengan efektif dan efisien. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SMK PGRI 3 Malang diperoleh infomasi bahwa rendahnya pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Basis Data khususnya kelas X RPL. Sampai saat ini model kegiatan pembelajaran dan praktikum yang dilakukan oleh guru hanya dengan metode ceramah yang merupakan salah satu bentuk dari metode pembelajaran konvensional. Selain itu modul cetak atau buku ajar masih belum tersedia.Melalui Pengamatan pada saat praktikum terdapat 82% siswa menyatakan kurang paham terhadap Mata Pelajaran Basis Data dikarenakan sulit untuk dipahami oleh siswa. Berdasarkan masalah yang telah dipaparkan di atas maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Sumber Belajar berupa Modul ajar dengan muatan Conceptual Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep dan menumbuhkan kemandirian belajar pada Siswa Kelas X RPL di SMK PGRI 3 Malang. Sumber belajar ini dikembangkan dengan menggunakan Model Pengembangan Analyze Design Develop Implement Evaluate (ADDIE). Hasil yang diperoleh dari pengembangan dan penelitian sumber belajar berbasis web ini adalah sebagai berikut Ahli Materi diperoleh persentase sebanyak 81% Ahli Media diperoleh persentase sebanyak 87 5% Uji coba produk sebanyak 87%. Kemudian presentase peningkatan pemahaman siswa diuji dengan pre-test dengan hasil rata-rata 59.8 dan hasil rata-rata post-test sebesar 92%. Dari rata-rata pretest dan post-test dapat disimpulkan bahwa nilai post-test lebih tinggi 53% dari rata-rata pre-test. Kemandirian belajar siswa meningkat dengan rata-rata sebesar 82.04% sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep dan kemandirian belajar siswa meningkat setelah menggunakan sumber belajar basis data berbasis web.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46492

Actions (login required)

View Item View Item