Pengembangan sumber belajar grafika komputer berbasis mobile dengan mengintegrasikan model PBL untuk menumbuhkan kreativitas pada mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang / Septi Anggita Kurniawan

Kurniawan, Septi Anggita (2018) Pengembangan sumber belajar grafika komputer berbasis mobile dengan mengintegrasikan model PBL untuk menumbuhkan kreativitas pada mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang / Septi Anggita Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Kurniawan, Septi Anggita. 2018. Pengembangan Sumber Belajar Grafika Komputer Berbasis Mobile Dengan Mengintegrasikan Model PBL Untuk Menumbuhkan Kreativitas Pada Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd. (II) M. Zainal Arifin, S.Si., M.Kom. Kata Kunci : Sumber belajar, Mobile, Kreativitas, Model PBL, ADDIE. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi kini telah mencapai berbagai aspek kehidupan, termasuk aspek pendidikan. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan komunikasi dalam aspek pendidikan terbukti mampu meningkatkan kualitas dalam berbagai hal. Banyak manfaat yang dirasakan dalam pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pendidikan saat ini. Salah satu pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran. Dilihat dari hasil wawancara yang telah dilakukan pada dosen pengampu mata kuliah Grafik Komputer di S1 Teknik Informatika Universitas Negeri Malang, sampai sekarang pembelajaran di kelas masih menggunakan metode ceramah dan penggunaan Power point sebagai media penyampaian materi. Model pembelajaran perkuliahan yang diterapkan pada program Komputer Grafika Teknik Informatika Universitas Negeri Malang membuat mahasiswa kesulitan untuk belajar. Penggunaan slide presentasi sebagai media pembelajaran lebih lanjut menyebabkan hasil belajar mahasiswa yang kurang memuaskan, hal tersebut dapat dilihat dari nilai uts yang 40% nilai mahasiswa masih ada di bawah KKM. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu mengembang kan sumber belajar berbasis mobile dengan mengintegrasikan model pembejalaran PBL (Problem Based Learning) yang berguna sebagai media pendukung pada mata kuliah Grafika Komputer. Penggunaan model pembelajaran PBL diharapkan dapat menumbuhkan kreativitas mahasiswa, karena model pembelajaran PBL menggunakan asas kehidupan sehari-hari dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Kelayakan penelitian dan pengembangan dari sumber belajar diperoleh dari hasil validasi dan uji coba dengan menggunakan penyebaran angket. Hasil pengembangan sumber belajar dinyatakan valid, sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini didukung melalui hasil persentase validasi oleh ahli media sebesar 97%, hasil persentase validasi oleh ahli materi sebesar 90%, hasil persentase uji coba perorangan 89%, hasil persentase uji coba kelompok kecil 90%, hasil presentase uji coba kelompok besar 89%, dan untuk kreativitas mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatia Universitas Negeri Malang tergolong tinggi. Hal ini didukung melalui hasil penelitian yang didapat sebesar 94%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46487

Actions (login required)

View Item View Item