Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar mata pelajaran perakitan komputer siswa kelas X Jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 10 Malang / Nur Atma Hidayat

Hidayat, Nur Atma (2018) Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar mata pelajaran perakitan komputer siswa kelas X Jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 10 Malang / Nur Atma Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Atma Hidayat Nur. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Perakitan Komputer Siswa Kelas X Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di SMK Negeri 10 Malang . Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hary Suswanto S.T. M.T. (2) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom. Kata Kunci Student Team Achievement Division (STAD) hasil belajar perakitan komputer Berdasarkan hasil wawancara dan observasi dengan guru mata pelajaran Perakitan Komputer pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung banyak siswa yang tidak memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru siswa cenderung tidak konsentrasi dan jika dilihat dari keaktifan siswa ketika proses belajar mengajar berlangsung siswa cenderung banyak yang diam dan kurang aktif. Bahkan ketika guru meminta siswa untuk mengerjakan tugas diskusi siswa banyak yang tidak berperan aktif. Menurut Guru mata pelajaran tersebut tingkat kejenuhan siswa yang sangat tinggi di dalam kelas ketika proses belajar berlangsung menjadi faktor masalah yang sulit diselesaikan. Sehingga siswa mebutuhkan pembelajaran yang menarik untuk mengurangi tingkat kejenuhan tersebut. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan tercapainya tujuan pelajaran dalam mata pelajaran perakitan komputer perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD.) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi perbedaan hasil belajar pada mata pelajaran perakitan komputer antara siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Desain penelitian ini menggunakan dua kelas dimana kelas eksperimen diterapkan perlakuan metode pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan kelas kontrol tanpa diberikan perlakuan. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t. Hasil Penelitian menunjukkan perbedaan hasil belajar yang signifikan pada kelas kontrol dan eksperimen yang dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen (83 55) lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kelas kontrol (78 55) dengan nilai sig 0 05 yaitu 0 004. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division yang dibuktikan dengan nilai rata-rata sebelum perlakuan sebesar 58 70 dan nilai rata-rata sesudah perlakuan sebesar 83 55. Hal ini juga dibuktikan dengan signifikansi korelasi pada kelas eksperimen 0 05 yaitu 0 001 dan nilai signifikansi dari t hitung yang 0 025 yaitu 0 000. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Team Achievement Division efektif dan efisien untuk diterapkan pada mata pelajaran perakitan komputer di SMKN 10 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46485

Actions (login required)

View Item View Item