Pengembangan bahan ajar berbasis aplikasi komputer bermuatan discovery learning sebagai suplemen pembelajaran cascading style sheets pada kompetensi keahlian rekayasa perangkat lunak di Sekolah Menengah Kejuruan / Abid Ragil Pambagio - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis aplikasi komputer bermuatan discovery learning sebagai suplemen pembelajaran cascading style sheets pada kompetensi keahlian rekayasa perangkat lunak di Sekolah Menengah Kejuruan / Abid Ragil Pambagio

Pambagio, Abid Ragil (2018) Pengembangan bahan ajar berbasis aplikasi komputer bermuatan discovery learning sebagai suplemen pembelajaran cascading style sheets pada kompetensi keahlian rekayasa perangkat lunak di Sekolah Menengah Kejuruan / Abid Ragil Pambagio. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Pambagio Abid Ragil. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Komputer Bermuatan Discovery Learning sebagai Suplemen Pembelajaran Cascading Style Sheets pada Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hakkun Elmunsyah S.T. M.T. (2) Triyanna Widiyaningtyas S.T. M.T. Kata Kunci Bahan Ajar Aplikasi CSS Suplemen Pembelajaran Bahan ajar merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran. Hasil wawancara di SMKN 4 SMKN 8 dan SMKN 12 kota Malang serta SMKN 2 Singosari telah menggunakan bahan ajar pada mata pelajaran Pemrograman Web. Walaupun sudah menggunakan bahan ajar masih ada siswa RPL khususnya pada materi CSS yang memiliki nilai di bawah KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah bahan ajar berbasis aplikasi komputer sebagai suplemen pembelajaran CSS bermuatan discovery learning. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode pengembangan media pembelajaran oleh Arif Sadiman. Adapun langkah-langkahnya yaitu (1) identifikasi kebutuhan (2) merumuskan tujuan instruksional (3) merumuskan butir-butir materi (4) mengembangkan alat pengukur keberhasilan (5) menulis naskah media (6) tes/uji coba dan revisi. Prosedur dalam uji coba bahan ajar untuk menentukan kelayakan adalah (1) uji coba satu lawan satu (2) uji coba kelompok kecil dan (3) uji lapangan. Produk yang telah dikembangkan ini telah divalidasi dari sisi materi dengan hasil persentase rata-rata sebesar 86 53% dan validasi media memperoleh hasil persentase sebesar 94 17%. Sedangkan untuk uji coba kelompok kecil dengan jumlah responden sebanyak 15 orang siswa memperoleh hasil persentase sebesar 92 70%. Uji lapangan dengan jumlah responden sebesar 30 orang siswa memperoleh persentase rata-rata sebesar 89 70%. Berdasarkan tabel validasi dan kelayakan dari dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memiliki kategori sangat layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46482

Actions (login required)

View Item View Item