Pengaruh nilai microteaching, hasil kajian praktik lapangan (KPL) dan minat belajar pedagogik terhadap kesiapan kerja di bidang pendidikan pada mahasiswa program studi S1 pendidikan teknik informatika / Pramitha Eka Putri Diyah Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh nilai microteaching, hasil kajian praktik lapangan (KPL) dan minat belajar pedagogik terhadap kesiapan kerja di bidang pendidikan pada mahasiswa program studi S1 pendidikan teknik informatika / Pramitha Eka Putri Diyah Wahyuni

Wahyuni, Pramitha Eka Putri Diyah (2018) Pengaruh nilai microteaching, hasil kajian praktik lapangan (KPL) dan minat belajar pedagogik terhadap kesiapan kerja di bidang pendidikan pada mahasiswa program studi S1 pendidikan teknik informatika / Pramitha Eka Putri Diyah Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyuni Pramitha Eka Putri Diyah. 2018. Pengaruh Nilai Microteaching Hasil Kajian Praktik Lapangan (KPL) Dan Minat Belajar Pedagogik Terhadap Kesiapan Kerja Di Bidang Pendidikan Pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hakkun Elmunsyah S.T M.T (II) Yuni Rahmawati S.T M.T. Kata Kunci pengaruh nilai microteaching hasil kajian praktik lapangan (KPL) minat belajar pedagogik kesiapan kerja di bidang pendidikan. Kesiapan kerja mahasiswa di bidang pendidikan merupakan keadaan dimana mahasiswa memiliki kemampuan pengetahuan dan keterampilan yang bisa menjalankan profesi guru beserta seluruh risiko yang dihadapinya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Penelitian ini membahas beberapa faktor yang mempengaruhi Kesiapan kerja mahasiswa di bidang pendidikan pada Prodi S1 Pendidiikan Teknik Informatika yaitu nilai microteaching hasil kajian praktik lapangan (KPL) dan minat belajar pedagogik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan rancangan korelasional. Populasi penelitian ini meliputi mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2014 yang telah melaksanakan Kajian Praktik Lapangan (KPL) berjumlah 128 mahasiswa. Sampel penelitian sebanyak 128 mahasiswa yang ditentukan dengan berpedoman pada perhitungan Slovin dengan taraf kesalahan 5%. Penentuan anggota sampel atau subjek penelitian secara proporsional. Alat pengumpulan data berupa kuesioner yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini mencakup uji normalitas uji linearitas uji multikolinearitas uji autokorelasi uji heteroskedastisitas dan uji hipotesis yang dibantu dengan program IBM SPSS Statistics 21. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa gambaran keseluruhan variabel nilai microteaching dengan kategori sangat tinggi sebanyak 79 responden (62%) tinggi sebanyak 47 responden (36%) sedang sebanyak 1 responden (1%) dan rendah sebanyak 1 responden (1%). Gambaran keseluruhan variabel hasil kajian praktik lapangn (KPL) dengan kategori sangat tinggi sebanyak 47 responden (37%) tinggi sebanyak 57 responden (44%) sedang sebanyak 20 responden (16%) dan kategori rendah sebanyak 4 responden (3%). Gambaran keseluruhan variabel minat belajar pedagogik dengan kategori sangat tinggi sebanyak 19 responden (18%) tinggi sebanyak 98 responden (76%) sedang sebanyak 11 responden (9%) dan rendah sebanyak 0%. Gambaran keseluruhan variabel kesiapan kerja dibidang pendiidkan dengan kategori sangat tinggi sebanyak 41 responden (18%) tinggi sebanyak 87 responden (76%) sedang sebanyak 0% dan rendah sebanyak 0%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) yaitu nilai microteaching hasil kajian praktik lapangan (KPL) minat belajar pedagogik dan kesiapan kerja dibidang pendidikan pada mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika cenderung tinggi (2) tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara nilai microteacing kesiapan kerja dibidang pendidikan (3) tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hasil kajian praktik lapangan (KPL) dengan kesiapan kerja mahasiswa dibidang pendidikan serta (4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar pedagogik dengan kesiapan kerja mahasiswa dibidang pendidikan (5) tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara simultan antara nilai microteaching hasil KPL terhadap kesiapan kerja mahasiswa dibidang pendidikan (6) terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara simultan antara nilai microteaching dan minat belajar pedagogik dengan kesiapan kerja mahasiswa dibidang pendidikan (7) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hasil KPL dan minat belajar pedagogik terhadap kesiapan kerja mahasiswa dibidang pendidikan (8) terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara simultan antara nilai microteaching hasil KPL dan minat belajar pedagogik terhadap kesiapan kerja dibidang pendidikan pada mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46481

Actions (login required)

View Item View Item