Hubungan pengetahuan pedagogik mahasiswa dan keteladan guru saat kajian praktik lapangan dengan persepsi berkarir sebagai guru bagi mahasiswa prodi S1 PTI FT UM / Fitriyah

Fitriyah (2018) Hubungan pengetahuan pedagogik mahasiswa dan keteladan guru saat kajian praktik lapangan dengan persepsi berkarir sebagai guru bagi mahasiswa prodi S1 PTI FT UM / Fitriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Fitriyah. 2017. Hubungan Pengetahuan Pedagogik Mahasiswa dan Keteladanan Guru Saat Kajian Praktik Lapangan Bagi Persepsi Berkarir Sebagai Guru Bagi Mahasiswa Prodi S1 PTI FT UM. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Setiadi Cahyono Putro, M.Pd.,M.T., pembimbing (II) Triyanna Widiyaningtyas, S.T.,M.T. Kata Kunci: Pengetahuan Pedagogik, Keteladanan Guru Saat Kajian Praktik Lapangan (KPL), Persepsi Berkarir Sebagai Guru Universitas Negeri Malang merupakan salah satu Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang memiliki tujuan dan tugas untuk mencetak calon guru yang memiliki kemampuan dan keahlian yang kompeten dalam bidang tertentu. Persepsi berkarir sebagai guru yang positif sangat penting dimiliki mahasiswa Prodi S1 PTI FT UM sebagai sebagai calon guru. beberapa cara dapat mempengaruhi persepsi berkarir sebagai guru adalah pengetahuan pedagogik dan keteladanan guru saat kajian praktik lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui deskripsi pengetahuan pedagogik mahasiswa prodi S1 PTI FT UM (X1), (2) mengetahui deskripsi keteladanan guru saat kajian praktik lapangan mahasiswa prodi S1 PTI FT UM (X2), (3) mengetahui deskripsi persepsi berkarir sebagai guru bagi mahasiswa prodi S1 PTI FT UM (Y), (4) mengungkap signifikansi dan hubungan X1 dan Y, (5) mengungkap signifikansi dan hubungan X2 dan Y, dan (6) mengungkap signifikansi dan hubungan X1 dan X2 secara simultan dengan Y. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa S1 PTI UM angkatan 2014 sejumlah 130 mahasiswa aktif angkatan 2014. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Data yang diperoleh di uji dengan uji korelasi parsial dan uji hipotesis untuk mengungkapkan hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat baik secara parsial maupun secara simultan. Untuk mengukur variabel X2 dan Y menggunakan instrumen penilaian berupa angket tertutup, serta dokumentasi berupa Data Nilai Akhir (DNA) mahasiswa untuk variabel (X1). Variabel X2 dan Y memiliki tingkat reliabilitas 0,879 dan 0,926. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi parsial dan regresi ganda, analisis uji prasyarat, dan analisis sumbangan efektif-relatif menggunakan bantuan SPSS. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: (1) X1 dalam kategori tinggi, X2 dan Y dalam kategori sangat tinggi; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dan Y, X2 dan Y, dan X1, X2 secara simultan dengan Y. Kesimpulan penelitian adalah ada hubungan positif dan signifikan antara: (1) pengetahuan pedagogik mahasiswa dengan persepsi berkarir sebagai guru; (2) keteladanan guru saat kajian praktik lapangan dengan persepsi berkarir sebagai guru; dan (3) pengetahuan pedagogik mahasiswa dan keteladanan guru saat kajian praktik lapangan secara simultan dengan persepsi berkarir sebagai guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46480

Actions (login required)

View Item View Item