Pengembangan bahan ajar berbasis mobile sebagai media pendukung pada mata pelajaran Komposisi Foto Digital kelas XI Multimedia di SMK / Mukhamad Hafis Ansori - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis mobile sebagai media pendukung pada mata pelajaran Komposisi Foto Digital kelas XI Multimedia di SMK / Mukhamad Hafis Ansori

Ansori, Mukhamad Hafis (2018) Pengembangan bahan ajar berbasis mobile sebagai media pendukung pada mata pelajaran Komposisi Foto Digital kelas XI Multimedia di SMK / Mukhamad Hafis Ansori. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Ansori Mukhamad Hafis. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Mobile Sebagai Media Pendukung Pada Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital Kelas XI Multimedia di SMK. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. H. Hakkun Elmunsyah S.T. M.T. (II) Triyanna Widiyaningtyas S.T. M.T. Kata Kunci Bahan Ajar Media Komposisi Foto Digital Mobile. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK Negeri 2 Blitar diperoleh informasi bahwa siswa belum memahami materi mengenai Komposisi Foto Digital. Melalui observasi diketahui juga bahwa nilai UTS siswa masih kurang maksimal. Nilai siswa XI Multimedia 45 7% masih di bawah KKM itu disebabkan tidak adanya bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran sehingga tidak ada acuan bahan ajar yang digunakan oleh siswa. Siswa kelas XI Multimedia 94% telah memiliki Handphone Android. Oleh karena itu bahan ajar yang akan dikembangkan berbasis Mobile Android sehingga siswa lebih mudah memahami materi pada mata pelajaran Komposisi Foto Digital kapan saja dan dimana saja. Penelitian ini bertujuan untuk merancang produk bahan ajar mengembangkan produk bahan ajar serta mengetahui tingkat kelayakan bahan ajar berbasis mobile pada mata pelajaran komposisi foto digital melalui responden siswa kelas XI Multimedia. Pengembangan bahan ajar berbasis mobile dirancang menggunakan model ADDIE dengan 5 tahapan yakni (1) Analysis (Analisis) (2) Design (Desain) (3) Development (Pengembangan) (4) Implementation (Implementasi) (5) Evaluation (Evaluasi). Pengujian kelayakan bahan ajar berbasis mobile dilakukan oleh ahli materi ahli media guru pengampu mata pelajaran komposisi foto digital uji kelompok kecil dan uji lapangan atau kelompok besar. Hasil validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi diperoleh persentase sebesar 88 5% untuk ahli media 89 5% untuk ahli materi. Berdasarkan uji coba yang dilakukan pada pengguna maka diperoleh persentase sebesar 87 7% untuk uji coba kelompok kecil dan 89 1% untuk uji coba kelompok besar. Persentase rata-rata keseluruhan pengujian sebesar 88 7%. Nilai-nilai yang diperoleh tercantum dalam tabel validator dan tabel uji coba di Bab 4. Berdasarkan hasil validasi maka dapat dinyatakan bahwa bahan ajar berbasis mobile sangat valid dan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46471

Actions (login required)

View Item View Item