Pengembangan aplikasi penyusun kisi-kisi dan soal yang sesuai dengan kata kerja operasional untuk guru rekayasa perangkat lunak di SMK Negeri 4 Malang / Andika Ruly Mantovani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan aplikasi penyusun kisi-kisi dan soal yang sesuai dengan kata kerja operasional untuk guru rekayasa perangkat lunak di SMK Negeri 4 Malang / Andika Ruly Mantovani

Mantovani, Andika Ruly (2018) Pengembangan aplikasi penyusun kisi-kisi dan soal yang sesuai dengan kata kerja operasional untuk guru rekayasa perangkat lunak di SMK Negeri 4 Malang / Andika Ruly Mantovani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Mantovani Andika Ruly. 2018. Pengembangan Aplikasi Penyusun Kisi- kisi dan Soal yang Sesuai dengan Kata Kerja Operasional untuk Guru Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 4 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbung (I) Dr. Ir. Syaad Patmanthara M.Pd. (II) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom. Kata Kunci Aplikasi Kisi-Kisi Soal Guru RPL KKO Kisi-kisi merupakan format pemetaan soal yang menggambarkan distribusi item untuk berbagai pokok bahasan berdasarkan jenjang kemampuan tertentu dan berguna sebagai panduan untuk menulis soal. Soal merupakan instrumen pengukuran yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir siswa. Penyusunan kisi-kisi dan soal dimaksudkan agar materi yang diujikan relevan dengan materi pelajaran yang sudah diberikan. Kisi-kisi dibuat dengan menggunakan KKO. Melalui KKO tingkat kompetensi yang digunakan dalam kompetensi dasar dapat diketahui. KKO digunakan untuk menyatakan hasil belajar atau capaian pembelajaran tertentu pada setiap aspek kognitif. Guru RPL di SMK Negeri 4 Malang mengalami kesulitan dalam menyusun kisi-kisi dan soal yang sesuai KKO karena hanya dua dari enam guru yang merupakan lulusan jurusan pendidikan. Selain itu terdapat aturan kesesuaian penggunaan KKO pada indikator soal dan yang ada pada kisi-kisi. Guru RPL biasanya langsung membuat soal tanpa memperhatikan indikator yang terdapat dalam kisi-kisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep aplikasi penyusunan kisi-kisi dan soal yang sesuai dengan KKO bagi guru RPL (2) merancang dan mengembangkan aplikasi penyusunan kisi-kisi dan soal yang sesuai dengan KKO bagi guru RPL dan (3) menguji aplikasi untuk mengetahui tingkat kelayakan aplikasi penyusunan kisi-kisi dan soal yang sesuai dengan KKO bagi guru RPL. Model pengembangan aplikasi ini menggunakan pengembangan waterfall. Tahapan pada model waterfall terdiri dari (1) requirement analysis and definition (2) system and software design (3) implementation and unit testing (4) integration and system testing dan (5) operation and maintenance. Instrumen yang digunakan berbentuk angket atau kuisioner dan lembar komentar. Angket aspek fungsionalitas bersifat semi tertutup digunakan untuk mengukur hasil pengembangan aplikasi. Angket untuk aspek usabilitas bersifat tertutup dan berbentuk check list. Data kualitatif diperoleh dari tanggapan ahli perangkat lunak dan pengguna aplikasi yang akan digunakan sebagai umpan balik dan masukan dalam pengembangan selanjutnya. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari dari pemberian skor pada tiap item angket dan diproses menggunakan pengolahan presentase jumlah skor. Hasil penelitian pengembangan ini berupa aplikasi yang dapat membantu guru menyusun kisi-kisi dan soal yang sesuai dengan KKO. Hasil pengujian vii fungsional dari ahli perangkat lunak admin dan guru diperoleh persentase tingkat kesesuaian output dan efisiensi sistem informasi sebesar 100% diterima. Sedangkan untuk pengujian usabilitas diperoleh tingkat kebermanfaatan sebesar 93% diterima yang berarti bahwa aplikasi untuk guru RPL dalam menyusun kisi-kisi dan soal yang sesuai dengan KKO termasuk dalam kualifikasi valid secara fungsional sistem sudah dapat menghasilkan output yang diharapkan. Kelebihan aplikasi ini yaitu (a) mencakup langkah-langkah pembuatan kisikisi dan soal yang terstruktur (b) menyediakan pilihan KKO yang dapat digunakan setelah memilih aspek kognitif (c) isi dari indikator divalidasi kesesuaiannya dengan KKO terpilih (d) KKO terpilih akan memvalidasi kesesuaian dengan kompetensi dasar indikator pencapaian kompetensi indikator soal dan soal (f) pengguna hanya perlu mengisikan butir soal secara lengkap dan (g) menghasilkan produk kisi-kisi dan soal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46470

Actions (login required)

View Item View Item