Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Bermuatan Discovery Learning Untuk Siswa Kelas X Teknik Komputer Dan Jaringan Di SMKN 2 Malang / Anita Rahmi Amalia

Amalia, Anita Rahmi (2018) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Bermuatan Discovery Learning Untuk Siswa Kelas X Teknik Komputer Dan Jaringan Di SMKN 2 Malang / Anita Rahmi Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Amalia, Anita Rahmi. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Bermuatan Discovery Learning Untuk Siswa Kelas X Teknik Komputer Dan Jaringan Di SMKN 2 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Ir. Syaad Patmanthara, M.Pd. (II) M. Zainal Arifin S.Si, M.Kom. Kata kunci: bahan ajar, mobile learning, sistem komputer, discovery learning Kemajuan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan pendidikan di sekolah. Termasuk sarana penunjang pendidikan yang digunakan untuk menyampaikan materi salah satunya adalah bahan ajar. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, namun bahan ajar yang sekarang digunakan belum sepenuhnya menunjang proses pembelajaran. Mengacu pada kurikulum 2013 (Revisi 2017) mata pelajaran Sistem Komputer di SMKN 2 Malang belum memiliki bahan ajar yang terstruktur dan relevan. Keterbatasan bahan ajar berdampak pada hasil belajar dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Siswa kelas X membutuhkan bahan ajar Sistem Komputer yang dapat mengakomodasi keterbatasan intensitas pembelajaran di sekolah sehingga memberikan kemudahan bagi siswa untuk dapat belajar didalam maupun diluar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain, membuat dan menguji kelayakan bahan ajar Sistem Komputer bermuatan Discovery Learning untuk Siswa Kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN 2 Malang. Model penelitian yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Model pengembangan ini meliputi 5 langkah, yaitu : (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Teknik pengujian yang digunakan menggunakan angket kepada ahli materi, ahli media, dan pengguna. Ahli materi melakukan validasi isi bahan ajar dan ahli media melakukan validasi bahan ajar sebagai media. Pengujian kepada pengguna dibagi menjadi dua tahap yaitu uji kelompok kecil sebanyak 15 siswa dan uji kelompok besar sebanyak 40 siswa. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dinyatakan sangat valid dengan hasil rata-rata persentase sebesar 95,14%, validasi oleh ahli media dinyatakan sangat valid dengan hasil rata-rata pesentase sebesar 91,60%, uji coba kelompok kecil pada kelas X TKJ 3 diperoleh hasil rata-rata persentase sebesar 89,21% dan uji coba kelompok besar pada kelas X TKJ 2 dan TKJ 3 diperoleh hasil rata-rata persentase sebesar 92,09%. Berdasarkan hasil tersebut, maka secara keseluruhan bahan ajar ini dinyatakan sangat valid dan sangat layak untuk digunakan dengan hasil validitas dan kelayakan sebesar 92,01% tanpa perlu revisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46466

Actions (login required)

View Item View Item