Penerapan model pembelajaran Challenge Based Learning dibandingkan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar siswa kelas X TKJ mata pelajaran Pemrograman dasar di SMKN 1 Udanawu Blitar / Ilma Erviana Melyatul Fitria

Fitria, Ilma Erviana Melyatul (2018) Penerapan model pembelajaran Challenge Based Learning dibandingkan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar siswa kelas X TKJ mata pelajaran Pemrograman dasar di SMKN 1 Udanawu Blitar / Ilma Erviana Melyatul Fitria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitria, Ilma Erviana Melyatul. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Challenge Based Learning Dibandingkandengan Model Pembelajaran Creative Problem SolvingTerhadapHasilBelajarSiswaKelas X TKJ Mata PelajaranPemrogramanDasar di SMKN 1 Udanawu. Skripsi. JurusanTeknikElektro, Program Studi S1 PendidikanTeknikInformatika,FakultasTeknik,UniversitasNegeriMalang. Pembimbing: (1) Drs. Wahyu Sakti G.I., M.Kom., (2) Dila Umnia Soraya, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : challenge based learning, creative problem solving,hasilbelajar Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada bulan Agustus di SMKN 1 Udanawu pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X TKJ, ditemukan masih banyak siswa yang belum aktif dan hasil belajarnya relatif masih rendah. Untukmengatasimasalahtersebutperluadanyainovasi model pembelajaran yang lebihefektifdanefisien. Salah satuupaya yang dapatdilakukanadalahdenganmenerapkan model pembelajaran yang sesuaidengankaraktersiswasertamateri yang diajarkangunameningkatkanhasilbelajarsiswa. Subyekpenelitian yang digunakanadalahsiswakelas X TKJ 1 sebagaikelaseksperimen 1 yang menerapkan model pembelajaranChallenge Based Learningdankelas X TKJ 2 sebagaikelaseksperimen 2 yang menerapkan model pembelajaranCreative Problem Solving.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimendenganpendekatankuantitatif. Desain yang digunakanpadapenelitianiniadalahquasi experimental design, denganpolaposttest only control group design. Pengumpulan data dilakukanmelaluites (posttest) danlembarobservasi. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1) rata-rata hasilbelajarranahkognitifsiswakelaseksperimen 1 yang menerapkan model pembelajaranChallenge Based Learninglebihtinggidibandingsiswakelaseksperimen 2 yang menerapkan model pembelajaranCreative Problem Solving,(2) rata-rata hasilbelajarranahafektifsiswakelaseksperimen 1 yang menerapkan model pembelajaranChallenge Based Learninglebihtinggidibandingsiswakelaseksperimen 2 yang menerapkan model pembelajaranCreative Problem Solving.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46465

Actions (login required)

View Item View Item