Penerapan model pembelajaran PjBL (Prohect based Learning) dibandingkan dengan model pembelajaran quantum learning pengaruhnya terhadap motivasi dan hasil belajar Pemrograman dasar pada siswa kelas XI Multimedia di SMK Negeri 5 Malang / Dea Eri Pratama

Pratama, Dea Eri (2018) Penerapan model pembelajaran PjBL (Prohect based Learning) dibandingkan dengan model pembelajaran quantum learning pengaruhnya terhadap motivasi dan hasil belajar Pemrograman dasar pada siswa kelas XI Multimedia di SMK Negeri 5 Malang / Dea Eri Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratama, Dea Eri. Penerapan Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) Dibandingkan Model Pembelajaran Quantum Learning Pengaruhnya Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pemrograman Dasar pada Siswa Kelas XI Multimedia Di SMK Negeri 5 Malang. Jurusan Teknik Elektro , Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hary Suswanto, S.T., M.T., (II) Triyanna Widiyaningtyas, S.T., M.T. Kata Kunci : QL (Quantum Learning), PjBL( Project Based Learning), Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Pemrograman Dasar Berdasarkan hasil observasi di kelas XI MM 2 dan XI MM 3 serta wawancara langsung dengan guru di SMK Negeri 5 Malang yang menggunakan model pembelajaran project based learning di dapatkan beberapa permasalahan, yaitu: (1) tujuan pembelajaran yang masih belum tercapai dengan maksimal, (2) siswa kurang mendapat motivasi dari guru sebelum memulai pembelajaran, (3) Terlihat masih banyak siswa yang bosan dan malas mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Hal tersebut yang menyebabkan hasil belajar pada beberapa siswa mendapatkan nilai dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning dan Project Based Learning. Penelitian ini dirancang dengan desain Quasi Experimental atau penelitian semu. Pola penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design dengan pemilihan kelas yang tidak dilakukan secara acak. Uji efektifitas menggunakan uji Independent Sample t-Test, lalu untuk uji efisiensinya menggunakan uji Paired Sample t-Test. Untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar menggunakan uji One Way Anova. Penelitian ini memakai dua kelas yaitu kelas XI MM 2 memakai pembelajaran semula model Project Based Learning dan kelas XI MM 3 diberikan perlakuan Quantum Learning. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Hasil belajar Pemrograman Dasar pada kelas eksperimen mendapatkan nilai sebesar 87,32 sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan 80,63; (2) Terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan pada mata pelajaran Pemrograman Dasar dengan model QL dan PjBL pada siswa kelas XI Multimedia di SMK Negeri 5 Malang; (3) Terdapat perbedaan yang signifikan efektifitas dan efisiensi hasil belajar dalam mata pelajaran Pemrograman Dasar menggunakan model pembelajaran QL dan PjBL pada siswa kelas XI Multimedia di SMK Negeri 5 Malang; (4) Terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pemrograman Dasar menggunakan model pembelajaran QL dan PjBL pada siswa kelas XI Multimedia di SMK Negeri 5 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46463

Actions (login required)

View Item View Item